Tempat Wisata di Garut dengan Beragam Daya Tariknya

Ragam tempat wisata di Garut – Liburan tidak harus jauh-jauh karena beberapa tempat wisata di Garut bisa menjadi rekomendasi menarik untuk Anda. Kabupaten Garut memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, mulai dari wisata alam, ekowisata, taman hiburan, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Tempat Wisata di Garut dengan Beragam Daya Tariknya

Kebun Mawar Situhapa

tempat wisata keluarga menarik di garut
image from instagram @kebunmawah

Salah satu tempat wisata di Kabupaten Garut yang menarik untuk dikunjungi adalah Kebun Mawar Situhapa. Terletak di Jalan Raya Kamojang KM 5 yang tidak jauh dari tempat wisata kampung Sampireun.

Tiket masuk untuk pengunjung kebun mawar ini hanya sekitar Rp 17.000,- per orang. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dan suasana yang menenangkan.

Tempat wisata yang buka setiap hari ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas untuk pengunjung antara lain tempat parkir, toilet, mushola, dan restoran. Pengunjung juga bisa menginap di beberapa vila yang ada di tempat ini.

Kawah Papandayan

objek wisata alam populer dan terbaik di garut
image from instagram @galerigarut

Kawah Papandayan merupakan salah satu tempat wisata di Garut yang menawarkan pemandangan alam yang memukau. Berada di daerah Sirnajaya, tempat wisata ini cukup terjangkau dengan tiket masuk sekitar Rp 12.000,- per pengunjung.

Pengunjung bisa menikmati sensasi berendam di kolam air panas, hiking, camping, hingga berkeliling dengan motor trail. Tempatnya yang bagus juga menawarkan banyak spot foto yang instagenic.

Wisatawan dapat datang ke tempat ini setiap hari mulai jam 7 pagi hingga 5 sore. Fasilitas yang sudah disediakan pengelola meliputi area parkir yang luas, toilet, mushola, kolam air panas, gazebo, dan area camping.

Pantai Cijeruk Indah

objek wisata alam pantai cijeruk indah garut
image from pantainesia

Pemandangan yang begitu memukau disuguhkan untuk pengunjung yang datang ke Pantai Cijeruk Indah di Cibalong, Garut. Pengunjung dapat datang setiap hari karena jam buka tempat wisata ini dari Senin hingga Minggu mulai jam 7 pagi hingga 5 sore.

Pantai dengan ombak khas laut selatan ini memiliki banyak spot foto yang menarik seperti batang pohon yang melengkung.  Tempat wisata ini bisa menjadi referensi destinasi liburan bersama teman atau keluarga.

Fasilitasnya juga sudah lengkap seperti tempat parkir, toilet dan kamar mandi, warung makan, mushola, hingga area camping. Lokasinya tidak jauh dari tempat wisata Pameungpuk dengan akses jalan yang mudah dan beraspal bagus.

Kolam Air Panas Cikarees

image from instagram @reny_a.shanty

Kabupaten Garut memiliki beberapa tempat wisata alam pemandian air panas dan salah satunya adalah Cikarees di daerah Sukasono, Sukawening. Tiket masuk untuk pengunjung sangat terjangkau, Rp 10.000,- untuk anak dan Rp 20.000,- untuk dewasa.

Fasilitas tempat parkir di salah satu objek wisata menarik di Garut ini tidak terlalu luas. Saat akhir pekan atau saat banyak pengunjung, biasanya tempat parkir penuh. Sebaiknya membawa bekal dari rumah karena belum ada fasilitas warung makan.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Pengunjung dapat berendam di kolam air panas alami dari gunung, menikmati pemandangan danau, sawah, dan gunung.

Pantai Cicalobak

wisata alam pantai cicalobak di garut
image from pantainesia

Salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Garut yang menarik adalah Pantai Cicalobak. Wisatawan dapat mengunjungi pantai setiap saat karena memang buka setiap hari selama 24 jam. Cocok untuk liburan bersama teman atau kerabat dekat.

Tempat wisata ini tidak terlalu ramai dan fasilitasnya tidak banyak. Tempat parkir bisa menggunakan area di sekitar pantai yang cukup luas. Belum ada warung makan sehingga wisatawan sebaiknya membawa makanan dan minuman dari rumah.

Suasana di pantai ini cukup tenang karena tidak terlalu banyak wisatawan. Namun pada saat akhir pekan atau musim liburan, pantai ini akan lebih ramai dari biasanya. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dan bermain di sekitar pantai.

Karacak Valley

image from kagarut.com

Karacak Valley merupakan tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan dan kesegaran hutan pinus. Lokasinya  berada di Sukanegla, Garut Kota yang mudah diakses. Pengunjung bisa datang setiap hari mulai jam 8 pagi hingga 5 sore.

Tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi liburan yang murah meriah di Garut. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp 10.000,- per orang dan Rp 5.000,- untuk pengunjung anak.

Fasilitas yang tersedia antara lain tempat parkir yang luas, toilet, mushola, warung makan, dan area kemah. Bagi yang ingin berkemah, tersedia penyewaan tenda untuk wisatawan. Ada juga penyewaan hammock bagi wisatawan yang ingin bersantai cantik.

Pantai Taman Manasulu

image from garutexpress.id

Pilihan tempat wisata di Garut selanjutnya adalah Pantai Taman Manasulu. Pantai yang masih alami ini berada di Kecamatan Cikelet, Garut. Tidak terlalu banyak pengunjung sehingga suasananya cukup tenang dengan area pantai yang cukup luas.

Walaupun tempat ini masih minim fasilitas, pemandangan pantai yang disuguhkan begitu indah dengan pantainya yang landai dan dikelilingi perbukitan hijau. Pengunjung dapat datang setiap saat dan bermain di pantai sepuasnya.

Pengunjung hanya dikenai tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang.  Jangan lupa membawa bekal makanan sendiri karena belum ada warung makan. Bawa juga kamera karena banyak spot foto yang bagus dengan pemandangan alamnya yang asri.

Pantai Ranca Buaya

tempat wisata alam terbaik di garut
image from instagram @garutviews

Pantai berpasir putih dapat ditemui di Kabupaten Garut seperti di Pantai Ranca Buaya. Pemandangan indahnya semakin sempurna dengan latar Puncak Guha. Apalagi saat menjelang matahari terbit dan terbenam yang membuat wisatawan semakin betah.

Harga tiket masuknya Rp 5.000,- per orang dan buka setiap hari selama 24 jam. Namun waktu terbaik untuk datang adalah pagi atau sore hari. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen sunset atau sunrise.

Fasilitas tempat parkir sudah tersedia, begitu juga dengan toilet dan warung makan. Beberapa gazebo juga sudah tersedia untuk pengunjung yang ingin duduk dan beristirahat.

Sabda Alam Waterpark

tempat wisata keluarga terbaik dan populer di garut sabda alam waterpark
image from sabdaalam-garut.com

Selanjutnya ada taman rekreasi air Sabda Alam di Cipanas yang bisa menjadi objek wisata di Garut terbaik untuk liburan bersama anak, keluarga, atau sahabat. Ada banyak wahana seru seperti kolam ombak, kolam terapi ikan, flying fox, air mancur, dan lainnya.

Pengunjung dapat datang setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Harga tiket untuk pengunjung sekitar Rp 50.000,- per orang. Fasilitasnya sangat lengkap, mulai dari toilet dan kamar bilas, tempat makan, toko souvenir, hingga hotel atau penginapan.

Fasilitas lainnya meliputi tempat parkir yang luas, mushola, dan gazebo di dekat kolam. Tersedia kolam untuk anak-anak dan kolam untuk orang dewasa yang lebih dalam. Selain berenang, pengunjung juga bisa menikmati guyuran air dari ember raksasa.

Pantai Puncak Guha

image by @jumpingcartle

Objek wisata di Bungbulang, Garut ini menawarkan pemandangan laut dari atas tebing. Pantai Puncak Guha merupakan tebing yang menjorok ke laut dengan panorama alam yang begitu memukau. Objek wisata yang buka 24 jam ini mudah diakses dari Garut.

Fasilitas yang disediakan pengelola juga sudah memadai. Tempat parkir yang luas, toilet, warung makan, gazebo, dan camping ground. Pengunjung bisa bersantai dan berfoto ria dengan banyak pilihan spot foto yang menarik.

Tempat ini bisa menjadi destinasi menarik untuk berburu sunset. Wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dan ombak yang menghantam tebing karang. Harga tiket masuk sangat terjangkau hanya Rp 5.000,- saja untuk satu orang.

Bukit Pilar Angin

objek wisata menarik di garut
image from instagram @herculesega

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Garut yang menarik untuk pecinta petualangan adalah Bukit Pilar Angin. Menyajikan hamparan padang rumput yang indah dan eksotis. Lokasinya berada di Kecamatan Cikelet, Garut dan buka selama 24 jam.

Lokasi tempat wisata ini tidak dilalui jalur transportasi umum sehingga lebih mudah dengan mengendarai kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor atau mobil. Harga tiket masuknya cukup terjangkau hanya Rp 10.000,- namun fasilitasnya kurang memadai.

Tempat ini menarik terutama bagi wisatawan yang ingin berburu spot foto yang bagus dan tidak biasa. Pemandangan domba-domba yang sedang makan rumput menjadi tontonan tambahan untuk para wisatawan.

Situ Bagendit

image from pikiran-rakyat

Selanjutnya ada Situbagendit yang merupakan salah satu wisata alam di Banyuresmi, Garut. Objek wisata alam di Desa Bagendit ini merupakan destinasi liburan yang cukup terjangkau dengan tiket masuk sekitar Rp 20.000,- per orang.

Fasilitasnya sudah cukup memadai, mulai dari tempat parkir, warung makan, toilet, dan lain sebagainya. Pengunjung juga bisa berkeliling situ dengan perahu bebek maupun rakit. Tempat wisata ini cocok untuk destinasi liburan akhir pekan bersama teman.

Pemandangan danau yang masih alami dengan perbukitan hijau di sekelilingnya menjadi suguhan untuk para wisatawan. Tempat wisata ini juga bisa menjadi pilihan menarik untuk liburan bersama pasangan atau Anda yang ingin foto prewedding.

Leuwi Jurig

image from pinhome.id

Menyuguhkan pemandangan yang memukau dengan kolam alami yang dikelilingi dua tebing di kanan dan kirinya. Pengunjung Leuwi Jurig akan dibuat terpesona dengan suguhan panorama indah dengan suasana yang sejuk dan tenang.

Tempat wisata yang berada di Bungbulang, Garut ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga 5 sore. Tiket masuk untuk pengunjung gratis hanya membayar retribusi parkir Rp 2.000,- saja.

Kawasan wisata alam ini masih asri dengan air kolamnya yang bening. Wisatawan disarankan untuk menjaga kebersihan selama berada di Leuwi Jurig. Fasilitasnya tidak banyak, hanya tempat parkir sehingga wisatawan sebaiknya membawa bekal sendiri.

Candi Cangkuang

image from pikiran-rakyat

Jika Anda sedang berada di Garut, jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata Candi Cangkuang di Kecamatan Leles. Panorama alam yang indah dengan bangunan candi Hindu menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan datang.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga 4 sore. Tiket masuk untuk pengunjung anak hanya Rp 3.000,- dan Rp 5.000,- untuk pengunjung dewasa. Cukup terjangkau untuk tempat wisata dengan fasilitas yang cukup memadai.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dan melihat relief candi yang ada di tempat ini. Sebelumnya, wisatawan akan diajak naik perahu untuk menyeberangi danau untuk sampai ke candi. Fasilitas yang disediakan meliputi toilet, warung, dan toilet.  Itulah beberapa pilihan  tempat wisata di Garut yang menarik untuk dikunjungi. Berbagai daya tarik yang ditawarkan ditambah fasilitas yang memadai akan memberikan pengalaman liburan yang tidak terlupakan.


travelspek

travelspek

Leave a Reply

Your email address will not be published.