Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Jakarta dan Makanan Khas Betawi

Kuliner Jakarta dan Makanan Khas Betawi – Indonesia dikenal baik sebagai negara yang memiliki keberagaman yang sangat unik. Mulai dari keberagaman budaya, etnik, Bahasa daerah, rumah tradisional, hingga makanan khas daerah yang juga berbeda.

Berbicara mengenai makanan khas, setiap daerah di Indonesia memang memiliki ciri khas rasa makanan yang sangat berbeda dan juga unik. Bahkan Ketika jenis makanannya sama, rasa setiap daerah tetap saja berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Salah satu yang sangat khas dan menjadi makanan popular di daerah lainnya juga adalah makanan khas Betawi.

Meskipun menjadi Ibukota Negara yang masyarakatnya sudah banyak dipengaruhi dengan budaya modern dan kekinian, makanan asli Betawi hingga saat ini masih digemari banyak orang. Meskipun memiliki ciri khas tersendiri, tak dapat dipungkiri bahwa berbagai makanan khas dari DKI Jakarta atau Betawi ini juga banyak dipengaruhi oleh budaya Arab, Eropa, bahkan Cina.

Daerah Wisata Kuliner Terbaik di Jakarta

Jika anda berencana untuk tinggal atau berlibur ke Ibukota Negara Indonesia, Jakarta, ada banyak sekali tempat yang bisa anda jadikan untuk wisata kuliner. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya secara singkat, Indonesia memiliki makanan khas daerah yang sangat unik dan beragam. Tak luput juga kota Jakarta yang dulunya dikenal sebagai kota Betawi.

Saat ini, meskipun kehidupan milenial banyak mempengaruhi berbagai hal di Jakarta, namun makanan khas Jakarta masih menjadi salah satu yang paling banyak dicari. Jika anda juga penasaran apa saja kuliner Betawi yang khas, anda bisa mengunjungi beberapa rekomendasi tempat di bawah ini untuk melakukan wisata kuliner.

Pecenongan

Pecenongan adalah salah satu daerah di Jakarta Pusat yang terkenal memiliki surga kuliner, khususnya di malam hari. Mulai ramai pada pukul 17.00, anda akan menemukan banyak sekali penjual kaki lima yang menjual berbagai macam makanan.

Selain penjual kaki lima, anda juga akan menemukan banyak café, dan restoran yang akan buka 24 jam. Bukan hanya makanan milenial, di sana anda juga dapat menemukan penjual yang menjual berbagai jenis makanan khas dari Betawi yang mungkin sedikit sulit ditemui saat ini.

Kawasan Soedirman, Jakarta

Selain Pecenongan, di Kawasan Jalan Soedirman anda juga akan menemukan surga kuliner lainnya. Dikelilingi oleh banyak Gedung perkantoran, Kawasan ini juga memiliki spot-spot menarik untuk memanjakan lidah.

Terlebih, bukan hanya makanan khas dari Betawi saja yang bisa anda temukan di sana, melainkan makanan dari daerah lain juga dapat anda temukan dengan mudah di Kawasan Soedirman. Selain itu, pada malam hari juga akan ada penjual kaki lima yang menjual berbagai jenis makanan di sana.

Biasanya Kawasan Soedirman akan ramai oleh anak muda yang makan, berkumpul, dan bercengkerama di sana hingga menjelang pagi hari. Jika anda ingin menemukan daerah wisata kuliner yang penuh dengan anak muda sekaligus menyajikan berbagai masakan khas Betawi, anda bisa mengunjungi Kawasan Soedirman pada malam hari.

Pasar Santa

Tempat wisata kuliner di Jakarta lainnya yang juga harus anda kunjungi Pasar Santa yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pasar Santa menjadi salah satu destinasi kuliner yang banyak dipilih oleh para milenial karena di tempat ini anda akan menemukan banyak sekali penjual berbagai makanan.

Bukan hanya makanannya saja yang menarik, namun tempat makan yang disajikan juga sangat menarik, terutama bagi para anak muda. Hal tersebut dikarenakan dekorasi unik dan variative yang digunakan untuk menarik minat pengunjung. Terbukti, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata kuliner yang Instagramable di Jakarta.

Makanan Khas Betawi yang Sudah Populer Sejak Dulu

Ada banyak makanan khas Betawi yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Karena sangat terkenal, mungkin ada banyak orang juga yang belum tahu bahwa makanan tersebut adalah khas Betawi.

Untuk masakan Betawi sendiri, cita rasa yang ditonjolkan adalah rasa gurih dan pedas. Oleh karena itu ada banyak makanan Betawi yang sangat khas dengan rasa gurih. Berikut ini beberapa makanan asli Betawi yang sudah popular sejak dahulu.

Nasi uduk

nasi uduk khas betawi yang lezat dan nikmat
Nasi Uduk Betawi
image from shutterstock

Makanan pertama yang harus ada di dalam daftar adalah nasi uduk. Makanan ini tentu saja sudah dikenal baik oleh masyarakat luas yang bahkan sering dijadikan sebagai menu sarapan di pagi hari.

Nasi uduk adalah nasi yang dimasak dengan tambahan bumbu dan santan sehingga membuat makanan ini memiliki cita rasa yang gurih. Sebagai pelengkap, nasi uduk biasa disajikan dengan berbagai jenis lauk seperti irisan ayam, tahu, tempe, telur, keripik, sambal, emping, dan lain sebagainya.

Anda bisa menemukan banyak penjual nasi uduk pada pagi hari di jalan di seluruh daerah di Jakarta. Makanan yang satu ini sangat popular hingga banyak orang yang mengira nasi uduk bukan berasal dari Betawi.

Soto Betawi

soto khas betawi
Soto Khas Betawi
image from unileverfoods

Makanan selanjutnya yang juga harus ada di dalam daftar adalah soto Betawi. Anda bisa menemukan penjual soto Betawi di pinggir jalan dengan mudah karena ada banyak sekali penjual soto Betawi di sekitar Jakarta, Tangerang hingga Depok.

Soto Betawi memiliki isian berupa daging sapi atau ayam beserta jeroannya yang telah diolah hingga kenyal dan lembut. Selain itu, paduan bumbu dan rempah yang digunakan akan memberikan cita rasa gurih pada soto. Terlebih kuah santan yang digunakan sebagai pelengkap, akan membuat soto Betawi semakin nikmat saat dihidangkan.

Kerak telor

Kerak Telor Betawi
image from wikipedia

Makanan khas dari Betawi yang sayangnya saat ini sudah semakin sulit ditemukan adalah kerak telor. Makanan ini juga sangat terkenal dan menjadi icon makanan khas asal Betawi, sayang sekali peredarannya saat ini semakin menurun.

Kerak telor sendiri terbuat dari nasi yang dicampur dengan telur, serundeng dan bumbu khas kemudian digoreng menggunakan tungku api. Kerak telor terkenal dengan cita rasanya yang gurih dan lezat. Meskipun mulai sulit ditemukan, anda masih bisa mendapatkan makanan yang satu ini di daerah-daerah wisata di Jakarta.

Gado-gado

Gado Gado
image from instagram @bumbumasak.id

Gado-gado juga merupakan salah satu makanan asal Betawi yang mungkin Sebagian orang belum mengetahuinya. Bagi pecinta makanan sehat dan sayuran, gado-gado bisa menjadi makanan favorit karena selain sehat, makanan ini juga sangat lezat.

Gado-gado biasanya berisi berbagai jenis sayuran seperti kacang Panjang, wortel, kangkung, tauge, kubis dan juga telur rebus. Sayuran tersebut akan direbus dan nantinya terdapat bumbu kacang yang akan dituangkan diatasnya. Cita rasa yang gurih dan lezat dari bumbu kacang akan semakin menambah nafsu makan.

Roti buaya

roti buaya dengan nilai budaya
Roti Buaya
image from wikipedia

Makanan iconic lainnya yang berasal dari Betawi adalah roti buaya. Roti buaya dikenal baik sebagai roti yang memiliki nilai budaya yang sangat tinggi mengingat roti ini banyak dikonsumsi pada berbagai acara budaya dan juga pernikahan.

Pada dasarnya roti buaya hadir tanpa isi apapun didalamnya, namun seiring dengan berjalannya waktu kini roti buaya tersaji dengan berbagai rasa. Jika anda berkunjung ke Jakarta, jangan lewatkan roti iconic khas Betawi yang satu ini.

Semur jengkol

Semur Jengkol
image from shutterstock

Semur jengkol adalah salah satu menu makanan yang mungkin tidak banyak orang yang menyukainya, namun makanan ini sudah sangat terkenal bahkan di sepenjuru nusantara. Bahkan banyak orang yang mungkin tidak tahu bahwa semur jengkol adalah makanan khas dari Betawi.

Seperti Namanya, bahan utama dari makanan ini adalah jengkol. Meskipun baunya mungkin sedikit menyengat, namun rasa semur jengkol enak dan patut anda coba. Penggunaan bumbu dan rempah yang beragam membuat rasa jengkol yang pahit tersamarkan. Cobalah untuk menikmati semur jengkol dengan nasi uduk atau nasi putih hangat, mungkin anda akan ketagihan setelahnya.

Nasi kebuli

masakan ala betawi dengan pengaruh budaya arab
Nasi Kebuli
image from instagram @komunitas_kuliner

Masakan khas Betawi mendapat pengaruh dari berbagai budaya luar misalnya Arab, dan nasi kebuli adalah makanan yang menunjukkan pengaruh tersebut.

Nasi kebuli biasanya dimasak dengan menggunakan kaldu kambing, santan, atau susu kambing. Cara masak demikian membuat nasi kebuli memiliki rasa yang sangat gurih. Terlebih dengan tambahan tumis daging kambing sebagai lauk yang akan membuat nasi kebuli semakin lezat untuk dinikmati.

Kue cucur

kue enak ala jakarta
image from piknikdong

Anda mungkin sudah tidak asing dengan camilan kue cucur yang biasanya banyak dijual di pasar atau di pinggir jalan. Namun tahukah anda bahwa kue cucur ini adalah salah satu makanan khas dari Betawi?

Kue tradisional yang satu ini biasanya akan disajikan diacara khusus seperti acara aqiqah bayi, acara pernikahan dan acara lainnya. Kue cucur biasanya berwarna coklat, memiliki rasa yang manis, bertekstur renyah di bagian pinggir, dan lembut di bagian tengahnya. Kue ini terbuat dari bahan utama berupa tepung beras yang dicampur dengan gula merah, kemudian digoreng.

Soto tangkar

soto tangkar nikmat dan lezat asal betawi
Soto Tangkar
image from resepistimewa

Makanan berupa soto yang terkenal dari Betawi, bukan hanya soto Betawi, namun ada juga soto tangkar. Berbeda dari soto Betawi yang menggunakan potongan daging sapi atau ayam, soto tangkar akan menggunakan iga sapi sebagai bahan utamanya.

Cara masaknya, iga sapi akan dibumbui dan direbus hingga empuk. Bumbu yang digunakan berupa daun salam, lada, kunyit, daun sereh, santan kelapa, dan lain sebagainya. Makanan khas Betawi yang satu ini sudah ada sejak zaman Belanda dulu, jadi soto tangkar dapat disebut sebagai makanan legendaris.

Lontong sayur

Lontong Sayur
image from instagram @arinda_1ife

Makanan khas dari Betawi lainnya, selain nasi uduk yang sering dijadikan sebagai menu sarapan adalah Lontong Sayur. Lontong sayur banyak dijual di pinggir jalan pada pagi hari dan menjadi pilihan menu sarapan bagi banyak orang Jakarta.

Lontong sayur khas Betawi biasanya akan disajikan dengan lontong yang akan disiram dengan kuah santan berisi sayuran seperti labu atau pepaya muda. Sebagai pelengkap, biasanya juga akan ditambahkan suwiran ayam dan juga kerupuk. Kuah santan terbuat dari racikan berbagai jenis bumbu dan penyedap rasa sehingga memiliki rasa yang gurih dan lezat. Itulah beberapa masakan khas Betawi yang sudah popular sejak dulu hingga mungkin ada banyak orang yang belum tahu bahwa masakan tersebut adalah khas Betawi. Jika anda berkunjung ke Jakarta, anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang telah direkomendasikan di atas dan mencoba berbagai makanan khas dari Betawi seperti yang telah disebutkan dalam daftar.

travelspek

travelspek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *