Makanan Khas Bali yang Terkenal Lezat dan Nikmat

Makanan Khas Bali – Pulau Dewata Bali sudah tidak asing lagi bagi kalangan wisatawan baik lokal maupun internasional. Pesona kekayaan alam yang dimiliki Bali memang menjadi daya tariknya, tetapi tentu saja daya tarik yang dimiliki Bali tidak hanya kekayaan wisata alamnya saja. Layaknya Bandung yang juga banyak dilirik kulinernya, Bali memiliki berbagai kuliner khas yang tidak kalah asik dan lezat.

Masakan Khas Bali yang patut anda coba

Berwisata ke Bali pastinya tidak akan komplit tanpa mencoba hidangan-hidangan khas daerahnya. Berikut adalah beberapa makanan khas Bali yang bisa anda masukkan ke dalam daftar anda agar liburan jalan-jalan ke Bali makin lengkap.

Sate Lilit

hidangan ala bali sate lilit
Sate Lilit Khas Bali
image from instagram @makanterusss

Sate pastinya sudah banyak yang kenal, salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia ini. Tetapi anda harus coba sate khas Bali sate lilit ini. Hampir semua tempat-tempat makan di Bali menyediakan menu sate lilit sehingga anda tidak perlu kesulitan mencari ke mana-mana.

Sate Lilir sendiri menggunakan bahan daging ikan, sapi, ayam, dan lainnya yang dibakar dengan bumbu yang khas.

Ayam Betutu

makanan lezat khas bali ayam betutu
Ayam Betutu
image from resepistimewa

Ayam yang dipanggang dengan dibungkus daun pisang setelah dibumbui dengan berbagai rempah seperti daun jeruk, kunyit, jahe, bawang merah, serai, daun salam, dan lainnya yang membuat rasanya menjadi kaya.

Walaupun dulu ayam betutu hanya disajikan pada upacara agama-agama saja, sekarang anda bisa menikmati masakan ini kapan saja. Ini adalah salah satu makanan khas Bali yang harus anda coba.

Nasi Campur Bali

masakan nasi campur khas bali
Nasi Campur Bali
image from qraved

Satu lagi makanan yang pastinya sering anda temui, nasi campur. Tetapi yang membuatnya berbeda dengan nasi campur Bali ini berbeda dengan nasi campur lainnya adalah hidangan ini menggunakan bumbu khas Bali dan tentu saja lauk atau sayur khas daerah Bali.

Serombotan

Serombotan
image from instagram @platemapsbali

Hidangan yang namanya agak unik ini bisa dibilang mirip dengan urap dengan bahan-bahan sayuran. Bedanya dengan urap adalah sayur-sayur pada serombotan menggunakan bayam, kangkung, kacang panjang, buncis, tauge, terong, dan pare yang ditemani dengan bumbu khas Bali seperti kunyit, kencur, lengkuas, dan bumbu kacang.

Lawar

Lawar
image from wikipedia

Makanan khas Bali yang merupakan campuran dari daging cincang dan sayuran seperti kacang panjang, sayur nangka, kelapa parut dengan bumbu rempah ala Bali. Daging yang digunakan untuk hidangan ini berupa daging babi, ayam, dan bebek. Ada 2 macam lawar yang bisa anda nikmati, lawar merah dan putih. Lawar biasanya ditemani dengan nasi dan sate lilit.

Jukut Ares

Jukut Ares
image from shutterstock

Hidangan yang berbahan dasar dari batang pohon pisang muda berukuran besar yang kemudian diiris-iris tipis dan dimasak dengan bumbu khas Bali. Jukut Ares dihidangkan bersamaan dengan daging ayam, bebek, atau babi sesuai pilihan anda.

Tipat Cantok

makanan khas bali ketupat tipat cantok
Tipat Cantok Bali
image from shutterstock

Hidangan ketupat cantok yang diuleg dan dihaluskan lalu diberi sayur kacang panjang, kangkung, taoge, dan timun lalu disiram saus kacang tanah yang digoreng.

Sate Plecing

Sate Plecing Bali
image from shutterstock

Satu lagi hidangan sate ala Bali, sate dengan sambal plecing yang pedas, gurih dan asam-asam segar. Sate plecing berasal dari Singaraja yang biasanya dihidangkan pada perayaan keluarga.

Nasi Jinggo

Nasi Kucing Ala Bali – Nasi Jinggo
image from istockphoto

Atau Nasi Jenggo, nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan sekilas mirip dengan nasi kucing. Biasanya nasi jinggo ditemani dengan sayur atau lauk khas Bali juga seperti sate lilit, mie, goreng tempe, dan sambal layaknya nasi kucing.

Rujak Buleleng

Rujak Bali asal Buleleng
image from indonesiakaya

Di Jakarta ada rujak Betawi, maka di Bali ada rujak Buleleng. Sama seperti rujak Betawi, rujak ini dibuat dengan berbagai buah yang dipotong kecil lalu disiram dengan bumbu rujak pedas yang lezat. Bedanya dengan rujak lainnya ada di bumbu yang digunakan. Bumbu rujak Buleleng terbuat dari cuka, terasi, garam, cabe rawit, pisang batu, dan gula aren asli dari Buleleng. Bila anda penggemar rujak jangan sampai melewatkan rujak Buleleng ini.

Laklak

Laklak Bali
image from longtripmania

Laklak adalah kue surabi ala Bali yang dimasak dengan menggunakan kendi tradisional di atas api besar lalu ditutup sampai adonan kue mengembang. Bedanya dengan kue surabi yang disiram dengan kuah santan, laklak ditaburi dengan parutan kelapa dan disiram sirup gula merah.

Bubur Mengguh

hidangan bubur asli khas bali
Bubur Mengguh Bali
image from instagram @nasibubuhbali_asli

Bubur asal Bali yang juga berasal dari Buleleng, santapan yang dulunya disajikan pada upacara adat. Bubur Mengguh dihidangkan dengan isi rempah, ayam suwir, kacang, seledri, dan biasanya ditemani dengan urap dan rujak sayur.

Tum Ayam

Tum Ayam Khas Bali
image from tastemade

Olahan ayam rempah yang dibungkus menggunakan daun pisang. Ayamnya sendiri disatukan dengan bumbu-bumbu rempah seperti bawang merah, cabai, daun salam, jahe, dan serai. Ukurannya yang kecil membuat hidangan ayam ini bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana.


Demikianlah beberapa hidangan kuliner khas Bali yang dapat anda coba untuk menambah pengalaman anda saat liburan ke Bali. Semoga informasi ini dapat membantu anda, terima kasih.

travelspek

travelspek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *