Makanan Khas Jepang yang Perlu Anda Ketahui

Jepang terkenal akan budayanya yang sudah mendunia. Salah satunya makanan khas Jepang yang juga menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang unik. Tidak heran jika sekarang banyaak yang menjual makanan tersebut di luar Jepang.

Contoh makanan khas dari Negeri Sakura tersebut seperti ramen yang juga dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan sekarang Anda bisa dengan mudah menemukan kedai ramen di berbagai sudut kota.

Makanan Khas Jepang

Selain ramen, masih ada makanan lain yang khas dari Jepang. Berikut ini daftar makanan khas dari Jepang yang harus Anda coba.

Tempura

makanan asal jepang tempura
Tempura
image from devour asia

Disebut juga Tenpura adalah makanan yang terbuat dari sayuran dan makanan laut. Cara pembuatannya adalah dengan dicelupkan dalam adonan tepung, air, dan kuning telur. Nama campuran adonan tersebut adalah koromo. Setelah itu, goreng dengan minyak goreng.

Tempura lebih nikmati disajikan dengan saus tentsuyu dan ditambah jahe atau lobak parut sebagai penyedap. Tidak lupa dengan perasan jeruk, kecap asin, dan garam dapur yang dicampur.

Onigiri

nasi unik dari jepang onigiri
Onigiri
image from coupleeatsfood

Dalam bahasa Indonesia, onigiri berarti nasi kepal. Nasi berasal dari beras Jepang dengan kadar kanji tinggi sehingga bisa melekat dengan mudah.

Proses pengolahannya diisi dengan daging salmon panggang di bagian tengah, atau bisa juga diisi varian lain seperti daging ayam, sapi, dan sayuran.

Selain itu, onigiri juga bisa dipanggang jika sudah dilumuri miso atau kecap asin. Sedangkan cita rasa yang dimilikinya adalah gurih dan bisa mengenyangkan.

Udon

Udon merupakan olahan mie yang dikenal sudah sejak lama di Jepang. Udon dibuat dengan menggunakan tepung terigu dan dibentuk lebih tebal dan lebar.

Proses pembuatannya adalah dengan menguleni tepung terigu dengan sedikit garam dan air. Setelah itu, adonan dipotong untuk direbus.

Udon disajikan dengan kuah yang berasal dari dashi dengan tsuyu atau kecap asin. Kuah udon sendiri bisa berbeda di berbagai daerah. Ada yang asin dan berwarna gelap, dan ada juga yang tidak asin dan bening.

Biasanya udon ditambahkan potongan daging ayam atau sapi sebagai pelengkapnya.

Sushi

hidangan terkenal khas jepang
Sushi
image from eatthis.com

Sushi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang sangat terkenal. Cara membuat makanan ini adalah dengan dibentuk dengan lauk atau neta yang merupakan daging, makanan laut, sayuran mentah atau masak.

Rasa nasi pada Sushi masam dan bertekstur lembut karena terdapat campuran garam, cuka beras, dan gula.

Sedangkan Sushi merupakan kata sifat untuk mengartikan rasa masam jika dalam huruf kanji.

Ada beberapa golongan Sushi berdasarkan nasinya, yaitu oshizushi, nigirizushi, inarizushi, narezushi, dan chirasizushi.

Untuk melengkapi Sushi, lumuri dengan saus wijen, jus apel, atau mirin.

Sashimi

Sashimi merupakan sajian makanan laut yang masih segar dan dihidangkan saat masih mentah dengan disertai penyedap seperti parutan jahe, kecap asin, atau wasabi.

Saat dihidangkan, Sashimi biasanya diiris menjadi bentuk kecil seperti kerang, udang karang, dan ikan.

Selain menggunakan makanan laut, Sashimi juga biasanya menggunakan potongan daging mentah seperti sapi, ayam, kuda, dan ada juga yang menggunakan potongan yuba atau kembang tahu.

Dalam penyajiannya, makanan ini bisa disertai tsuma yang biasanya berupa lobak dipotong panjang, Oba atau Aojizo yang berupa daun hijau, dan Wakame dan Tosakanori yang merupakan rumput laut.

Yakiniku

Yakiniku adalah masakan khas Jepang yang berarti daging panggang. Tentu saja penyajiannya dengan cara dipanggang terlebih dulu sebelum disantap.

Daging yang disajikan biasanya berupa daging sapi, domba, babi, jeroan, atau seafood yang dipanggang terlebih dulu, jadi mirip seperti barbeque atau bistik.

Sebelum dipanggang, daging, jeroan, atau seafood dicelupkan ke saus tare terlebih dulu. Saus tersebut adalah campuran sake, kecap asin, bawang putih, dan gula. Bahkan ada dua jenis saus tare, yaitu soto tare yang tanpa wijen dan niku tare yang menggunakan wijen.

Untuk melengkapinya, tambahkan sayuran seperti bawang Bombay dan paprika yang juga ikut dipanggang.

Sukiyaki

sukiyaki
Sukiyaki
image from sbs.com

Sukiyaki merupakan makanan yang berisi irisan daging sapi tipis, tahu, dan sayuran yang dimasak dalam panic besi di atas meja. Sebelum dimakan, sukiyaki dicelupkan dalam kocokan telur terlebih dulu.

Terdapat dua versi bumbu dalam Sukiyaki, yaitu Sukiyaki versi Kanto yang menggunakan saus Warshita yang berupa campuran kecap asin, dashi, mirin, dan gula pasir yang sudah dimasak, dan Sukiyaki versi Kansai yang menggunakan gula pasir dan kecap asin.

Untuk melengkapinya, biasanya ada tambahan sayuran seperti sawi putih, jamur shiitake, ito konnyaku yang seperti soun, dan bawang Bombay.

Ramen

ramen asal jepang
Ramen
image from jw-webmagazine

Ramen merupakan makanan yang sangat terkenal dari Jepang. Makanan ini sebenarnya berasal dari China, dan orang Jepang menyebutnya sebagai chuka soba.

Ciri khas yang ada di ramen adalah penyajiannya, yaitu mie yang direbus dituang ke mangkuk dengan kuah kaldu. Kemudian ditambahkan chasiu, menma, telur rebus, daun bawang iris sebagai penyedap, dan ditambahkan hiasan narutomaki atau nori.

Ramen yang berasal dari Jepang juga sangat bervariasi mengikuti asal daerahnya, seperti Aomori, Hokkaido, Shinetsu, Kanto, Kinki, Tokai, Kyushu, dan Chungoku.

Takoyaki

Takoyaki
image from bokksu

Takoyaki merupakan makanan khas Jepang yang sekarang ini semakin populer di Indonesia. Camilan yang khas dari Kansai ini berupa bola kecil yang dibuat dengan adonan tepung terigu yang diisi potongan gurita.

Takoyaki menjadi jajanan streetfood dan biasanya dimakan menggunakan sumpit sekali pakai atau tusuk sate.

Dalam takoyaki biasanya ada tambahan bahan seperti asinan jahe merah yang dinamakan benishoga atau baking powder. Sedangkan sausnya sendiri dinamakan saus okonomiyaki.

Ada beberapa varian takoyaki, yaitu polos, saus, kecap asin, dan akashiyaki dengan rasa yang khas dan lezat.

Mochi

Jepang memiliki kue beras ketan yang sangat khas yang dibuat dengan cara ditumbuk sampai lembut dan terasa lengket. Adonan tersebut kemudian dibuat menjadi bulat dan diolah dengan cara dipanggang atau direbus.

Mochi biasanya dibuat dan dimakan saat ada perayaan seperti mochitsuki atau tahun baru Jepang. Bisa juga didapatkan di berbagai toko sebagai oleh-oleh.

Cita rasa dari mocha sangat khas dengan tekstur yang lembut dan kenyal saat dimakan bisa memberikan sensasi lengket di dalam mulut. Sedangkan varian rasanya sudah sangat beragam, mulai dari kacang hingga es krim.

Sup Miso

Sup Miso
image from epicurious.com

Sup Misho atau disebut miso shiru merupakan makanan khas berupa sup yang berasal dari Jepang dan dibuat dari bahan dashi dengan tambahan sayuran atau makanan laut dan diberi miso yang menjadi perasa.

Pada umumnya, sup miso ini dimakan dengan nasi dan bisa dijadikan untuk sarapan.

Jenis yang biasanya ada di Jepang ada beragam, tergantung daerahnya, seperti Hatchomiso, Shinsu miso, dan Siro miso.

Rasa yang dimiliki sup ini gurih dan sangat khas, tergantung penggunaan jenis miso, kualitas dashi, dan juga ketrampilan dari pembuatnya.

Okonomiyaki

Okonomiyaki menjadi masakan dari Jepang yang dibuat dari bahan tepung terigu sebagai dasarnya dan dibuat encer menggunakan air atau dashi.

Setelah itu akan ditambahkan kol, telur ayam, daging babi atau makanan laut. Selanjutnya tinggal digoreng dengan menggunakan teppan atau wajan datar.

Okonomiyaki bisa dijadikan sebagai lauk dan diberi topping sesuai dengan selera.

Terdapat dua jenis okonomiyaki yang dibedakan dari cara menggorengnya, yaitu ala Kansai dimana kol yang dicampur dengan adonan, atau ala Hiroshima dimana kol diletakkan di atas adonan.

Soba

Soba merupakan makanan tradisional Jepang yang berupa mie dan dibuat dengan menggunakan tepung gandum kuda.

Terdapat du acara penyajian, yaitu disajikan saat masih panas dan disebut kakesoba, atau dingin yang disebut zarusoba atau morisoba.

Cara membuat soba adalah dengan menggiling tepung gandum kuda terlebih dulu, lalu diuleni hingga menjadi adonan menggunakan air. Setelah itu, potong adonan kira-kira 1-2 mm, dan direbus.

Soba yang disajikan saat masih panas dihidangkan bersama kuah dashi dan memiliki rasa yang gurih. Sedangkan soba dingin disajikan dengan tsuyu yang memiliki cita rasa gurih, sedikit pahit dan manis.

Chirashizushi

Chirashizushi merupakan makanan khas Jepang yang merupakan jenis sushi dengan ikan tabur.

Sesuai dengan nama makanan ini, sushi kali ini merupakan hidangan yang berbeda dari sushi biasa. Chirashizushi memiliki topping yang bervariasi dan berbeda mengikuti daerahnya masing-masing.

Cita rasa yang dimiliki Chirashizushi adalah gurih, lezat dan juga khas dan biasanya disajikan pada saat perayaan atau acara khusus, seperti pesta dan festival.

Kare

nasi kari ala jepang
Kare Ala Jepang
image from asianinspirations

Kare atau kari merupakan makanan yang begitu populer dari Jepang. Makanan ini biasanya disajikan bersama nasi dan disebut nasi kare.

Hidangan ini bahkan disajikan dalam tiga bentuk, yaitu nasi kare, kare-pan, dan kare udon.

Kare di Jepang menggunakan daging dan sayuran berupa wortel, kentang, dan bawang bombay. Sedangkan dagingnya biasanya daging ayam, sapi, dan babi.

Saus yang digunakan dalam kare berupa campuran tepung terigu, bubuk kari, minyak, dan tambahan bahan lain.

Rasa yang dimilikinya lezat dan memiliki tekstur creamy yang khas.

Yakisoba

mie goreng asal jepang
Yakisoba
image from cookpad

Makanan satu ini merupakan khas Jepang dengan bahan mie, sayuran, kol, dan daging.

Yakisoba dimasak menggunakan tambahan bumbu, bubuk katsuobushi, mayonnaise, dan saus yakisoba atau saus uster.

Meski yakisoba merupakan soba goreng, mie yang digunakan adalah mie kukus yang dibuat dari bahan tepung terigu, bukan soba seperti mie goreng.

Yakisoba bisa disantap secara langsung atau dijadikan lauk. Cita rasa yang dimilikinya gurih, manis dan memiliki tekstur sedikit kenyal.

Karaage

Karaage
image from oyakata.com

Karaage adalah teknik memasak ala Jepang dengan bahan makanan yang biasanya berupa daging ayam atau ikan yang direndam dalam minyak goreng atau dikenal dengan istilah deep frying.

Proses pengolahannya sendiri menggunakan cara dibumbui menggunakan mirin atau saus yang terbuat dari bawang putih, kecap, dan jahe.

Kemudian, olahan tersebut dilapisi tepung kentang atau tepung terigu sebelum digoreng di dalam minyak.

Rasa dari karaage sendiri gurih dan memiliki tekstur yang renyah.

Masih ada banyak makanan khas Jepang yang mungkin harus Anda coba. Setiap makanan dari Jepang memiliki ciri khas tersendiri dan memiliki cita rasa yang begitu khas dari negeri sakura tersebut. Jika Anda tertarik, tidak perlu jauh-jauh ke Jepang karena restoran Jepang sendiri semakin mudah ditemukan di Indonesia.

travelspek

travelspek

Leave a Reply

Your email address will not be published.