Inilah 15 Makanan Khas Jogja yang Wajib Ada di Bucket List Kamu

Makanan Khas Jogja – Yogyakarta tak hanya menyajikan wisata yang menyenangkan, tapi juga kulinernya. Jogja menjadi kota pendidikan dengan banyaknya universitas.

Sehingga banyak orang-orang pendatang dari berbagai wilayah di Indonesia yang berkumpul di Jogjakarta. Tak heran kuliner asal Jogjakarta menjadi perhatian penting bagi semua wisatawan.

Bahkan banyak wisatawan yang datang ke Jogja hanya untuk mencoba makanan khas Jogja yang tidak bisa mereka temui di kota-kota besar.

Meskipun kini kuliner Jogja telah memiliki banyak perubahan dan banyak kuliner modern, beberapa kuliner khas Jogja masih bisa kita temui di beberapa tempat.

Jika kamu mampir ke Jogja, cobalah untuk datang dan mencoba beberapa rekomendasi menu khas Jogja yang bisa kamu nikmati bersama keluarga.

Rekomendasi Wisata Kuliner Jogja

Selain jalan-jalan ke Malioboro, kamu juga isa mencoba berbagai masakan khas Jogja yang ada di kota kecil nan indah ini.

Selain membawa oleh-oleh bakpia pathuk yang biasa kamu beli di Ambarketawang, kamu bisa mencoba beberapa kuliner khas Jogja berikut ini:

Mie Ayam Bu Tumini

hidangan mi khas jogja
Mi Ayam Bu Tumini
image from datawisata

Rasanya siapa pun pernah mendengar mie ayam legendaris khas Jogja ini. Kuahnya yang kental menjadi ciri khas mie ayam bu Tumini.

Meskipun pemiliknya sendiri Bu Tumini telah meninggal dunia, bisnis mie ayam ini tak pernah memiliki rasa yang berubah sedikit pun.

Tak heran banyak wisatawan kota-kota besar yang rela antri demi makan mie ayam bu Tumini. Disini kamu bisa memesan porsi kecil dan porsi jumbo.

Jangan kaget kalau harganya terbilang sangat murah untuk ukuran mie ayam dengan topping ayam yang sangat banyak.

Mie ayam bu Tumini ini ada 2 lokasi di Jogja dan semua cabangnya selalu ramai pengunjung. Siap-siap antri ya!

Bakmi Pak Pele

Bagi penikmat bakmi Jawa wajib coba Bakmi Pak Pele. Siapa pun yang datang ke Jogja pasti harus mampir menikmati bakmi Jawa khas di Bakmi pak Pele.

Bakmi kuahnya sangat segar dan kamu bisa menikmatinya dari suapan pertama. Tak heran banyak sekali wisatawan yang rela antri untuk makan bakmi pak Pele ini.

Disini ada menu bakmi goreng yang rasanya manis dan gurih. Jika kamu pecinta bakmie, cobalah datang dan antre bersama warga lokal untuk menikmati lezatnya bakmi Pak Pele.

Soto Bathok Mbah Katro

Soto Bathok Mbah Katro
image from instagram @jimmy_santoso

Jika kamu sedang mencari sarapan lezat dan murah maka soto bathok Mbah Katro ini jawabannya. Jangan kaget jika harganya Cuma 6000 saja.

Kamu bisa kenyang dengan makan soto enak dan segar. Soto disini disajikan menggunakan mangkok dari batok kelapa.

Isian soto dilengkapi dengan daging sapi dan tauge. Kuahnya yang segar membuat sarapan pagimu penuh makna.

Jangan lupa untuk mencoba gorengan tempe yang disediakan di meja. Meskipun kuliner ini termasuk hidden gems, tapi tak pernah sepi pelanggan.

Jika kamu sedang liburan murah ala backpacker di Jogja, cobalah soto bathok mbah Katro ini dan nikmati kelezatannya.

Oseng Mercon Bu Narti

hidangan unik khas jogja
Oseng Mercon Bu Narti
image from jogjakita

Siapa yang tak pernah dengan oseng mercon bu Narti? Berkali-kali masuk ke review food vlogger Indonesia dan hampir semua stasiun tv pernah meliputnya.

Salah satu masakan khas Jogja yang selalu membekas di lidah para wisatawan dan membuat mereka berkunjung lagi ke Yogyakarta.

Pecinta pedas wajib merapat ke oseng mercon Bu Narti karena rasa pedasnya akan memanjakan lidah kamu. Hampir setiap malam antrian panjang ada di depan lapak bu Narti.

Jika kamu melewati Tugu Jogja, oseng mercon bu Narti tak jauh dari sini. Kamu bisa menikmati oseng-oseng daging dengan rasa pedas yang khas Jogja.

Meskipun masih ada rasa manis, tapi oseng mercon ini cukup diakui kepedasannya. Satu porsi oseng mercon ini harganya sangat murah.

Kamu bisa menikmati kuliner malam khas Jogjakarta bersama warga lokal yang tak ada henti-hentinya makan kuliner yang satu ini.

Sate Klathak Pak Pong

sate nikmat khas jogja
Sate Klathak Pak Pong
image from instagram @timmie_bernard

Sate klathak ini juga salah satu kuliner Jogja yang tak pernah ketinggalan dikunjungi wisatawan. Meskipun letaknya di Bantul dan agak jauh dari pusat kota, tapi tak pernah sepi wisatawan.

Sate klathak ditusuk menggunakan besi dan menciptakan aroma yang khas dan lezat. Selain sate klathak, kamu juga bisa mencoba tongseng dan menu lainnya.

Sate klathak pak Pong ini juga sering direview oleh food vlogger yang datang ke Jogja. Karena rasanya yang lezat dan dagingnya sangat lembut.

Gudeg Bromo Bu Tekluk

gudeg asal jogja yang terkenal dan nikmat
Gudeg Bromo Bu Tekluk
image from instagram @injogjafood

Salah satu kuliner khas Jogja adalah gudeg. Sayangnya beberapa orang tidak terlalu suka rasa gudeg Jogja yang dominan dengan rasa manis.

Jika kamu bukan pecinta gudeg Jogja dengan rasa manis, kamu bisa datang ke gudeg bromo bu Tekluk. Gudeg ini juga memiliki rasa manis tetapi tidak terlalu dominan dan lebih cocok ke lidah semua orang.

Kamu siap-siap antri panjang jika berkunjung ke gudeg bromo bu Tekluk. Harganya juga cukup murah yaitu mulai dari belasan ribu saja.

Penyetan Mas Kobis

Penyetan Mas Kobis
image from instagram @jogjaculinary

Makanan khas Jogja selanjutnya bagi pecinta pedas adalah penyetan mas kobis. Hampir semua mahasiswa di seluruh Jogja pasti sering makan penyetan mas kobis ini.

Penyetan mas kobis adalah surga tersembunyi bagi pecinta ayam penyet super pedas. Kuliner legendaris ini sudah ada sejak tahun 1998 dan sampai sekarang rasanya tetap sama.

Menu ayam penyet yang disajikan dengan kobis goreng pasti bisa diterima di lidah semua orang. Tak hanya digeprek, ayam goreng akan digilas dengan cabai sesuai dengan pesanan kamu.

Kamu bisa menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai kemampuan lambung kamu. Hati-hati jangan terlalu pedas nanti kamu sakit perut!

Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mercon Bu Tinah
image from pinhome

Gudeg Jogja memang wajib kamu coba ketika berkunjung di Jogja. Jika kamu bosan dengan rasa manis gudeg, maka cobalah gudeg mercon bu Tinah.

Gudeg ini adalah modifikasi dari gudeg klasik khas Jogja. Bedanya disini kamu akan menemukan tumpukan cabai diatas gudeg.

Citarasanya manis dan pedas sangat unik di lidah wisatawan. Tak heran mereka rela mengantre untuk mendapatkan gudeg mercon ini.

Kamu bisa makan bersama sate telur puyuh dan menu sampingan lainnya. Harganya juga sangat terjangkau mulai dari 15 ribu saja.

Enthok Slenget Kang Tanir

Enthok Slenget Kang Tanir
image from jogjarasa

Bosan dengan daging dan ayam, kamu bisa mlipir mencoba kuliner enthok. Rica-rica entok ini sangat lezat dan bisa membuat keringat kamu mengucur sangat deras.

Meskipun bukan kuliner khas Jogja, tapi rica-rica entok ini tak pernah sepi dari wisatawan di Jogja. Rasa pedasnya membuat banyak wisatawan rela antre dan balik lagi ke entok slenget kang Tanir.

Kamu bisa menikmati makanan lezat dengan harga sangat terjangkau. Disini kamu bisa bertemu dengan banyak wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Seafood Pak Purwanto

Hampir semua mahasiswa UGM pasti pernah makan di seafood pak Purwanto. Restaurant seafood ini memiliki harga super terjangkau untuk mahasiswa.

Disini kamu bisa menikmati seafood dengan harga murah dan rasanya bintang lima. Banyak sekali menu seafood yang wajib kamu coba disini.

Jangan kaget jika kamu akan antre bersama mahasiswa yang kelaparan di malam hari karena seafood pak Purwanto menjadi tempat langganan mereka.

Warung Kopi Klotok

Rasanya kurang jika ke Jogja belum mampir ke warung kopi Klotok. Disini kamu akan menikmati semua hidangan dengan suasana pedesaan.

Kamu bisa menikmati semua hidangan khas Jogja mulai dari cemilan sampai makanan khas Yogyakarta. Disini kamu akan makan sambil melihat pemandangan khas pedesaan.

Jika kamu datang di weekend, maka siap-siap kamu berebut tempat dengan wisatawan lain. Rasa makanannya yang lezat dan murah membuat siapa pun ingin balik lagi kesini.

Banyak artis ibukota yang mampir ke warung kopi klotok untuk menikmati suasana khas Jogja. Cobalah kopinya maka kamu pasti ingin balik lagi.

Ayam Geprek

Bagi wisatawan ibu kota pasti sering makan ayam geprek yang saat ini ada dimana-mana. Tapi ayam geprek pertama bermula dari Jogja.

Jika selama ini kita melihat ayam geprek hanya dipenyet lalu dilumuri sambal diatasnya, tapi di Yogyakarta kamu akan melihat ayam geprek yang digilas bersama cabai.

Ayam geprek menjadi salah satu kuliner Jogja yang wajib kamu coba. Rasanya otentik dengan rasa manis dan gurih di sambalnya.

Kamu bisa makan ayam geprek dengan nasi hangat. Tentunya harganya super terjangkau dan bisa kamu temui dimana saja.

Lumpia Samijaya

makanan lumpia khas jogja
Lumpia Samijaya
image from solopos

Lumpia yang letaknya di jalanan Malioboro ini tak pernah sepi pelanggan. Hampir semua wisatawan pasti rela antri untuk mencoba lumpia Samijaya.

Isinya yang manis dan gurih membuat semua wisatawan rela antri berjam-jam untuk mendapatkan lumpia ini. Tak jarang juga wisatawan yang berkunjung ke Jogja akan membawa lumpia Samijaya menjadi oleh-oleh.

Harganya juga cukup murah yaitu 4000 saja dan kamu bisa menikmati cemilan lezat.

Angkringan Kopi Joss

Ke Jogja tapi tak mencoba angkringan maka kamu rugi! Jika kamu berlibur ke Jogja dengan budget pas-pasan kamu bisa mencoba angkringan sebagai kuliner khas malam.

Angkringan Jogja ada di banyak tempat, salah satunya kopi joss. Selain bisa menikmati aneka sate dan nasi kucing dengan harga yang murah, kamu juga bisa menikmati kopi yang disajikan dengan arang.

Rasa kopinya berbeda dengan kopi angkringan lainnya. Jangan heran disini juga banyak wisatawan asing yang menikmati kopi joss.

Kamu akan berdesakan dengan banyak wisatawan lain dan mahasiswa Jogja yang sedang menikmati makan malamnya.

Mie Nyemek Bu Siti

Mie nyemek bu Siti pernah viral beberapa waktu lalu di sosial media. Mie nyemek ini dibuat dari Indomie goreng yang dimasak dengan bumbu rahasia.

Rasa indomie yang hampir menjadi favorit banyak orang membuat mie nyemek ini banyak pengunjung. Bahkan wisatawan dari ibu kota juga rela ikut mengantre demi mencicipi kuliner khas Jogjakarta ini.

Harganya juga cukup murah dan kamu bisa menikmati mie nyemek dengan rasa manis dan rasa indomie yang masih ada. Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Jogja yang bisa kamu coba. Hampir semua makanan diatas tidak akan kamu temukan di kota lain dan hanya ada di Jogja.


travelspek

travelspek

Leave a Reply

Your email address will not be published.