22 Makanan Khas Semarang yang Harus Dicoba

Jika membahas soal makanan khas Semarang, pasti yang terlintas di pikiran Anda adalah lumpia. Meski begitu, Semarang menyimpan banyak makanan khas yang enak dan bisa memanjakan lidah siapa saja.

Penasaran apa saja makanan khas dari Semarang? Simak berikut ini daftar 22 makanan yang khas di Semarang.

22 Ragam Makanan Khas Semarang

Beberapa kuliner khas dari Semarang ini wajib Anda coba jika berkunjung ke Semarang.

Tahu Gimbal

hidangan tahu khas semarang
Tahu Gimbal
image from reseppedia

Makanan pertama yang khas dari Semarang adalah tahu gimbal. Makanan ini terbuat dari tahu yang digoreng, bakwan udang, dan sayuran. Makanan ini juga disajikan dengan tambahan kuah kacang yang dibuat dari kacang goreng yang ditumbuk kasar.

Tahu gimbal juga dilengkapi dengan lontong yang membuat makanan ini jadi lebih mengenyangkan.

Babat Gongso

makanan unik asal semarang
Babat Gongso
image from sajiansedap

Kuliner khas Semarang selanjutnya ada makanan yang bernama babat gongso. Makanan satu ini memiliki cita rasa yang manis karena menggunakan kecap.

Kata gongso sendiri jika dalam makanan dari Semarang ini adalah tumis, yang artinya makanan ini disajikan tanpa berkuah sama sekali.

Cara pembuatan makanan ini adalah dengan memotong babat segar jadi potongan kecil-kecil dan rebus. Setelah itu, tambahkan daun salam 2 lembar, lengkuas 2 cm, jahe 2 cm, dan air 1 liter. Aduk hingga matang dan angkat.

Kemudian, panaskan minyak. Masukkan daun salam, bawang merah, bumbu halus, serai, dan lengkuas. Aduk tumisan tersebut hingga harum, dan masukkan babat, aduk rata. Tambahkan garam, kecap, gula pasir, dan aduk rata. Jangan lupa tuangkan air dan tunggu sampai mendidih.

Kecilkan api dan masak hingga bumbu meresap ke daging babat hingga air mengering. Setelah itu, sajikan babat gongso dengan nasi hangat.

Soto Semarang

soto ayam khas semarang
Soto Ayam Khas Semarang
image from tribun jateng

Berbagai daerah pasti memiliki kuliner soto yang khas. Begitu juga dengan Semarang yang memiliki kuliner Soto Semarang. Ciri khas dari Soto Semarang ini adalah kuahnya yang bening dengan kaldu yang terbuat dari ayam kampung. Rasa yang dimilikinya tidak terlalu berat dan di tenggorokan terasa segar.

Soto Semarang biasanya disajikan dengan berbagai menu seperti sate usus, sate kerang, atau sate telur puyuh. Bisa juga disertai dengan berbagai gorengan seperti tahu dan mendoan.

Mie Kopyok

Mie Kopyok
image from instagram @akuarlee

Mie kopyok menjadi salah satu sajian khas Semarang yang sangat cocok jika dihidangkan ketika cuaca sedang dingin. Makanan ini dilengkapi dengan sajian topping daging sapi khusus bagian tetelan yang menjadikannya semakin istimewa.

Anda juga bisa membuat mie kopyok sendiri di rumah. Caranya adalah dengan menyiapkan bakmi basah yang telah disiram air panas sehingga bisa mempermudah pembuatan mie kopyok sendiri di rumah.

Tahu Petis Semarang

Semarang juga memiliki sajian tahu petis. Tekstur yang dimiliki tahu petis dari Semarang ini bisa dibilang lebih padat sehingga bisa lebih mengenyangkan.

Sajian tahu petis ini tentu saja disertai dengan saus petis berwarna hitam pekat dan memiliki tekstur yang kental sehingga dijadikan sebagai isian tahu.

Pecel Semarang

pecel khas semarang yang terkenal enak
Nasi Pecel Semarang
image from fooddiscoverer

Nasi pecel kali ini sebenarnya tidak begitu berbeda jika dibandingkan dengan nasi pecel yang berasal dari daerah lain, yaitu dengan menggunakan tauge, kangkung, irisan kol, dan kenikir sebagai sayurannya.

Meski begitu, nasi pecel khas Semarang memiliki perbedaan dengan adanya sajian kerupuk karak dan juga sate keong. Jadi nasi pecel satu ini bisa lebih mengenyangkan.

Nasi Ayam

Ada juga masakan khas Semarang yang berupa nasi ayam. Anda bisa mendapati satu porsi nasi ayam yang ada di Semarang yang memiliki isian nasi gurih, opor, suwiran daging ayam, ditambah dengan sayur labu siam.

Anda bisa juga menambahkan sate jeroan, sate usus, dan ada juga sate telor muda yang menjadi pelengkapnya.

Makanan ini juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu disajikan dengan menggunakan pincuk daun pisang.

Sego Koyor

Selain masakan berupa nasi ayam, Semarang juga menyimpan kuliner berupa sego koyor yang juga merupakan hidangan dari nasi putih dengan sajian potongan koyor dalam satu piring.

Selain potongan koyor, kuliner ini juga disiram dengan kuah koyor. Anda juga bisa menambahkan lalapan seperti timun atau petai goreng.

Pisang Plenet

Selain kuliner berupa makanan berat, masakan khas Semarang juga menawarkan makanan ringan yang tentu saja khas Semarang disamping lumpia, yaitu pisang plenet. Makanan ringan ini merupakan pisang yang ditekan hingga jadi pipih dan dibakar.

Setelah pisang matang, di atasnya diberi topping berupa messes, keju, hingga selai. Jika tertarik ingin menjajal kuliner satu ini, Anda bisa mendapatinya di sepanjang Jalan Pemuda.

Jika ingin membuat pisang plenet sendiri, caranya adalah dengan membakar pisang terlebih dulu. Kemudian, masukkan pisang tersebut ke dalam plastik dan oleskan margarin. Penyet pisang hingga pipih, lalu bakar lagi. Jika sudah harum dan matang, angkat dan oleskan margarin secara tipis, dan taburkan topping sesuai selera Anda.

Soto Bangkong

Soto Bangkong
image from CNN Indonesia

Selain soto khas Semarang, ada juga kuliner soto lain yang bisa ditemukan di ibukota Jawa Tengah ini, yaitu soto bangkong. Soto bangkong memiliki nama yang diambil dari nama jalan tempat di mana makanan khas ini pertama berdiri.

Jika Anda tertarik ingin mencoba satu porsi soto bangkong, Anda bisa langsung datang ke Jalan Brigjen Katamso, No. 1, Semarang. Anda bisa menikmati kuliner ini dari jam 7 pagi hingga jam 10 malam.

Roti Ganjel Rel

Makanan khas Semarang juga menyimpan kuliner dengan nama yang unik, yaitu roti ganjel rel. Nama tersebut didapatkan karena bentuk roti tersebut seperti bantalan rel kereta atau disebut ganjel rel dengan bentuk tebal dan panjang.

Roti ganjel rel ini memiliki tekstur yang a lot dengan isian yang padat. Meski begitu, roti ini tetap enak untuk disantap dan dijadikan teman ngeteh atau ngopi di sore hari.

Wingko Babat

Siapa yang tidak mengenal wingko babat sebagai salah satu jajanan khas Semarang yang memiliki rasa manis dan juga gurih dengan tambahan parutan kelapa.

Wingko babat merupakan makanan tradisional yang dibuat dari tepung ketan, telur, gula pasir, dan margarin. Sedangkan sekarang sudah ada berbagai varian rasa wingko babat yang membuatnya jadi lebih menggiurkan.

Lumpia Semarang

lumpia ala semarang
Lumpia Semarang
image from endeus.tv

Wisata kuliner Semarang tentu tidak akan lengkap jika Anda tidak mencoba lumpia Semarang. Makanan khas ini memiliki aroma yang kuat karena bahan dasarnya menggunakan rebung.

Selain rebung, lumpia ini juga ada yang terbuat dari telur, udang, hingga daging. Pada umumnya, lumpia akan digoreng dan dinikmati dengan acar atau bumbu khas. Namun, ada juga lumpia basah atau tidak perlu digoreng terlebih dulu.

Tahu Pong

Semarang juga masih menyimpan kuliner dari tahu lain, yaitu tahu pong. Kuliner ini sekilas mirip seperti tahu petis. Namun, tahu pong identik dengan tekstur yang renyah dan terasa seperti kosong di bagian dalamnya.

Tahu pong ini semakin nikmati dinikmati dengan sambal yang juga terbuat dari sambal petis udang dan tambahan cabai rawit untuk sensasi pedas.

Wedang Tahu

Semarang pun menawarkan minuman khas yang populer, yaitu wedang tahu. Minuman ini dibuat dengan menggunakan kembang tahu yang disiram kuah jahe.

Minuman ini memiliki rasa yang manis dan bisa menghangatkan karena jahe yang ada di dalamnya. Biasanya, wedang ini disajikan menggunakan mangkuk kecil dan bisa dinikmati pada saat siang hari bagi yang ingin menyegarkan tenggorokan.

Lapis Legit

Lapis legit juga merupakan salah satu kue khas Semarang dengan dua warna garis yang berbeda. Lapis legit ini biasanya memiliki warna coklat terang dan tua. Bahkan sekarang ada varian rasa lain dengan warna yang berbeda, seperti keju, coklat, kacang almon, dan kismis.

Bandeng Presto

Jika berwisata ke Semarang tentu tidak lengkap jika tidak membawa buah tangan berupa bandeng presto. Bandeng presto adalah olahan dari ikan air tawar yang melewati proses presto. Proses tersebut akan membuat tulang dari ikan bandeng jadi lunak sehingga memudahkannya untuk dimakan.

Sekarang ini juga ada berbagai pilihan makanan olahan dari bandeng yang dijadikan sebagai oleh-oleh. Contohnya seperti otak-otak bandeng, bandeng asap, bandeng tauco, dan sate bandeng.

Kue Moaci

Kue moaci sebenarnya hampir sama seperti kue mocha. Hanya saja bentuk kue ini bulat kecil, kenyal, dan ditaburi wijen untuk bagian atasnya.

Kue moaci terbuat dari adonan tepung ketan dengan bagian dalam yang diisi gula padat dan kacang cincang. Anda akan merasakan sensasi rasa manis dan gurih saat mencoba jajanan satu ini.

Es Congklik

Selain makanan khas Semarang, minuman khas Semarang juga tidak boleh dilewatkan. Salah satunya adalah es congklik yang berupa es puter sebagai minuman yang menyegarkan dan harus Anda coba saat berkunjung ke Semarang.

Es congklik ini memiliki rasa yang segar, dingin, lembut, dan juga manis. Es ini memiliki empat variasi rasa yang berbeda, yaitu kelapa, coklat, durian, dan alpukat.

Wedang Kacang

Di Semarang juga ada wedang kacang yang enak dinikmati saat malam hari. Wedang kacang ini berbeda dari kacang hijau. Tentu saja karena minuman ini dibuat dengan potongan kacang tanah yang ditambah dengan kuah santan.

Anda bisa minum wedang kacang sambil menikmati suasana Semarang di malam hari.

Es Cao

Es cao menjadi salah minuman khas Semarang yang sebenarnya ada di berbagai daerah lain. Hanya saja, es cao Semarang ini berisi cincau hitam, pisang, sirup, dan es batu. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat siang hari karena rasanya yang manis, gurih, dan lezat tentunya.

Gudangan

Semarang juga memiliki makanan yang berupa salad sayur yang bernama gudangan. Makanan ini biasanya dihidangkan saat ada syukuran, upacara tradisional, dan hajatan.

Gudangan memiliki banyak sekali isian, seperti sayur rebus, bayam, wortel, dan ada taburan kelapa parut pada bagian atas.

Gudangan sendiri juga tidak hanya ada di Semarang saja, tapi ada juga di Surakarta, Yogyakarta, dan Magelang. Itulah daftar makanan khas Semarang beserta minuman yang harus Anda coba saat sedang berkunjung ke Semarang. Selain mencicipinya langsung, jangan lupa beli beberapa untuk oleh-oleh kerabat dan keluarga di rumah.


travelspek

travelspek

Leave a Reply

Your email address will not be published.