Beragam Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya

Ragam Tempat Wisata di Makassar – Beragam tempat wisata di Makassar menawarkan sesuatu yang bisa membuat Anda tertarik dengan keindahan alamnya. Anda bisa mengunjungi tempat wisata seperti pantai dan tempat menarik lainnya. Contohnya Pantai Losari yang menjadi salah satu tempat wisata favorit para wisatawan.

Jika Anda masih belum puas, masih ada banyak destinasi wisata di sekitar Makassar untuk dijelajahi. Destinasi yang dimaksud masih berada di Sulawesi Selatan, seperti Gowa, Maros, Pangkep, Bulukumba, dan sekitarnya.

Bagi Anda yang tertarik ingin berkunjung atau tengah berada di Makassar, berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di Makassar dan sekitarnya sebagai rekomendasi bagi Anda.

Tempat Wisata Makassar dan Sekitarnya

Pulau Samalona, Makassar

image from arsytours

Tempat wisata pertama yang berada di Makassar adalah sebuah pulau yang memiliki luas mencapai 2 hektar dengan beragam spot wisata yang menarik. Pengunjung bisa memilih bermain bananaboat, diving, snorkeling, berenang di pinggiran pantai, atau hanya sekedar duduk di pantai pasir putih.

Anda juga akan mendapati air laut yang jernih sehingga bisa melihat pemandangan biota bawah laut dengan jelas saat Anda melakukan snorkeling. Jika tertarik ingin melakukannya, Anda bisa menyewa alat snorkeling yang tersedia di sana.

Jika ingin berkunjung ke pulau ini, Anda bisa mengunjunginya dari Dermaga Pantai Losari dan harus menempuh jarak sejauh 7 km. Anda juga harus menyewa kapal dengan harga kisaran Rp 300.000 hingga Rp 500.000.

Pulau Kapoposang, Pangkep

Tempat wisata selanjutnya yang harus Anda kunjungi saat sedang berada di Makassar adalah Pulau Kapoposang. Pulau ini menawarkan daya tarik yang tidak boleh terlewatkan, yaitu spot diving. Anda juga bisa melakukan snorkeling jika ingin melihat keindahan bawah laut dari Pulau Kapoposang.

Jika ingin bermalam di pula ini, Anda bisa menyewa penginapan dengan harga kisaran Rp 150.000 per malam.

Tertarik mengunjunginya? Pulau ini berada di Desa Mattiro, Pangkep. Anda bisa mencapai pulau dengan menyewa kapal seharga Rp 1.500.000.

Pulau Lae Lae, Makassar

objek wisata terbaik di makassar pulau lae-lae
image from insntagram @firman.nd

Jika Anda ingin terhindar dari keramaian kota, Anda bisa menjadikan Pulau Lae Lae sebagai destinasi yang tepat. Pulau ini hanya berjarak 1,5 km saja dari Kota Makassar dan bersebelahan dengan Samalona. Pemandangan yang dimiliki pulau ini begitu menakjubkan dan dihuni sekitar 1.700 jiwa.

Jika ingin mengunjunginya, Anda bisa membayar biaya sebesar Rp 15.000 dari Dermaga Kayu Bangkoa dengan perahu motor milik nelayan.

Anda bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling tanpa harus khawatir terkena bulu babi karena jarang ada di sini. Anda bisa juga bisa menikmati pemandangan sunset yang keren dengan menyewa bale seharga Rp 50.000.

Leang-leang, Maros

tempat wisata alam indah dan menarik di makassar
image from koran-jakarta

Selain objek wisata alam Makassar, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata edukasi seperti goa yang ada di Leang-leang. Tempat wisata ini merupakan taman prasejarah yang masih menjadi kawasan Taman Nasional Bantimurung Balusarung.

Taman ini dulunya berupa laut. Jadi, tidak heran jika ditemukan banyak fosil hingga kerang laut. Dengan dikelilingi pegunungan Karst, tempat ini sangat kental akan peristiwa sejarah. Tempat ini memiliki goa dengan ukiran yang dibuat oleh manusia purba sekitar 3.000-5.000 tahun SM.

Bebatuan Karst juga bisa dijadikan sebagai spot foto keren bagi para pengunjung. Taman ini buka dari pukul 08.00-18.00 WITA dan dengan harga tiket sebesar Rp 10.000 per orang.

Helena Sky Bridge, Maros

image from eljohnnews.com

Masih di Taman Nasional Batimurung dan masih menjadi tempat wisata di Makassar, ada juga tempat wisata yang bisa menantang adrenalin, yaitu Helena Sky Bridge.

Para pengunjung bisa menguji adrenalin dengan melewati jembatan gantung dengan ketinggian yang lebih dari 100 meter. Saat berada di jembatan gantung ini, Anda bisa menikmati “kerajaan” kupu-kupu dan bisa menjadikan jembatan ini sebagai spot foto yang menarik.

Mengenai spot foto di sini, ada berbagai spot foto yang bisa Anda buru, seperti spot dengan latar belakang pegunungan Karst yang begitu khas di tempat ini. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan membayar tiket masuk seharga Rp 25.000, dan buka setiap hari pada pukul 08.00-17.00.

Benteng Fort Rotterdam, Makassar

image from makassar.singgasanahotels.com

Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi tempat wisata Ujung Pandang yang berupa benteng. Orang Makassar biasa menyebutnya dengan nama Benteng Penyu. Meski umur dari benteng ini sudah ratusan tahun, benteng masih tetap berdiri kokoh.

Lokasi benteng ini berada di Jalan Ujung Pandang, Bulo Gading, Makassar. Bangunan yang juga dijadikan sebagai museum ini juga memiliki beberapa gedung yang memiliki desain bergaya Eropa. Setiap gedung juga memiliki fungsi yang berbeda pada zamannya. Ada yang menjadi tempat penyimpanan senjata, ruang tawanan, hingga gereja.

Jika ingin mengunjungi tempat ini, Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang. Anda juga bisa mempelajari sejarah di museum yang dibuka pada pukul 06.00-18.00 WITA.

Bandungan Parigi, Poros Malino

Jika Anda ingin menambah koleksi foto yang bisa dijadikan sebagai feeds di Instagram, Anda bisa berburu foto di bendungan dengan berbagai spot foto yang instagramable. Bendungan Parigi ini bisa Anda temukan di Desa Asana, Parigi, Tinggi Moncong, Gowa.

Terdapat kucuran air yang mengalir yang berbentuk bangunan bertingkat dan bisa Anda jadikan sebagai spot foto. Bahkan spot tersebut menjadi spot khas para pengunjung bendungan. Selain itu, Anda juga bisa bermain air dan juga berendam di sini.

Bendung ini dikelilingi oleh bukit yang hijau sehingga membuat suasana jadi semakin asri dan rindang. Sedangkan untuk memasukinya, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 yang sudah termasuk uang parkir.

Pantai Apparalang, Bulukumba

Selanjutnya ada pantai yang dikelilingi oleh tebing dan batu karang dan bisa dijadikan sebagai spot foto yang instagramable bagi para pengunjung yang datang. Tempat wisata di Makassar satu ini memang menawarkan spot foto yang sangat menarik. Anda bisa mengambil foto dari atas tebing yang menawarkan latar belakang laut biru kehijauan.

Pantai ini berlokasi di Desa Ara, Bontobahari. Biaya masuk yang harus dibayar sekitar Rp 5.000 per orang dan buka selama 24 jam nonstop.

Rammang-Rammang, Maros

Desa Rammang-Rammang yang berada di Kabupaten Maros menawarkan keindahan alam yang sangat menarik, dan salah satunya adalah batu-batu karst yang tinggi dan mengelilingi tempat ini.

Jika ingin masuk ke dalam desa, Anda bisa mengambil akses melewati Sungai Pute. Paparan batu besar dan pohon nipah menjadi pemandangan yang Anda dapatkan saat menyusuri sungai.

Anda juga bisa mengambil foto saat berada di atas perahu dengan mengambil latar sungai dan batuan karst. Sedangkan harga sewa dari perahu berada pada kisaran Rp 200.000-Rp 300.000 dengan kapasitas mencapai 10 orang lebih.

Air Terjun Takapala, Gowa

objek wisata alam unik di makassar gowa
image from indonesiakaya.com

Air terjun ini memiliki akses yang tidak begitu sulit karena sudah tersedia jalur tangga yang hanya perlu diikuti. Air Terjun Takapala ini berada di Bonto Lerung, Tinggimoncong, Gowa.

Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan tiket seharga Rp 3.000 dan sudah bisa bermain air sepuasnya. Jam bukanya dari pukul 08.000-18.00 WITA.

Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner yang tersedia dengan adanya deretan warung yang juga menjual beragam makanan ringan dan minuman yang menyegarkan.

Dengan air yang jernih dan juga derasnya air terjun dengan ketinggian mencapai 109 meter, Anda bisa mengambil beberapa foto dengan spot yang ada.

Benteng Somba Opu, Gowa

Benteng Somba Opu merupakan tempat wisata populer di Makassar, tepatnya berada di Kecamatan Barombong, Gowa. Benteng ini menjadi tempat wisata sejarah di mana Anda bisa mempelajari sejarah yang ada di sini. Di sini, Anda juga bisa sekedar berjalan-jalan, mengambil foto di rumah adat, atau dengan senjata meriam yang ada.

Benteng ini bisa dikunjungi pada pukul 08.00-20.00 WITA dan bisa dimasuki secara gratis. Anda tentu bisa menemukan berbagai sisa peninggalan dari Kerajaan Gowa yang ada di Benteng Somba Opu ini.

Celebes Canyon

Tempat wisata di Makassar selanjutnya ada di Libureng, Tanete Riaja, bernama Celebes Canyon. Sebagai wisata alam, tempat ini tidak akan mengalami kekeringan meski sedang dilanda kemarau.

Air terjun yang ada di sini memiliki air yang sangat segar dan kebersihannya juga sangat terjaga, dan alirannya berasal dari Sungai Ule yang menjadi salah satu sungai yang bersih dan masih sangat alami.

Celebes Canyon juga menjadi juara dua pada kategori tempat wisata baru yang populer dan diraih pada Anugerah Pesona Wisata.

Tempat ini juga menawarkan spot foto yang sangat instagramable dengan latar batuan sedimen. Jika hendak berkunjung, jangan pada musim hujan karena tempat ini akan jadi licin dan aliran air akan lebih tinggi.

Air Terjun Lengang, Maros

image from detik travel

Tempat wisata lainnya yang berupa air terjun berada di Maros, yaitu Air Terjun Lengang yang bisa Anda kunjungi saat berada di Makassar, tepatnya di Dusun Bontomanai, Maros. Air terjun ini memiliki tingkatan yang begitu menakjubkan.

Airnya memiliki kedalaman hingga 20 meter dan menawarkan keindahan air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan.

Jika ingin menikmati keindahannya, Anda harus berjalan menyusuri hutan pinus terlebih dulu. Selain itu, tempat ini juga menyediakan tempat camping jika ingin tinggal lebih lama.

Air terjun ini juga masih belum banyak diketahui karena letaknya yang begitu tersembunyi sehingga menjadikannya surga wisata yang tersembunyi.

Patung Tuhan Yesus

objek wisata budaya dan agama di makassar
image from phinemo.com

Makassar juga menawarkan tempat wisata religi berupa Patung Tuhan Yesus yang berada di Tana Toraja. Wisata ini juga biasa disebut wisata religi Buntu Burake dan sudah terkenal hingga ke luar negeri. Pasalnya, patung dengan tinggi 40 meter ini menjadi ikon wisata dari Tana Toraja dan sering didatangi turis mancanegara.

Selain pemandangan Patung Tuhan Yesus, ada juga berbagai fasilitas yang tersedia, seperti jembatan kaca. Jembatan ini bisa Anda lewati dan bisa dijadikan sebagai penguji adrenalin. Itulah berbagai tempat wisata di Makassar dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi bersama teman atau keluarga. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda yang berencana atau tengah berada di Makassar.


travelspek

travelspek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *