Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja – Jogja memang tidak pernah salah menjadi kota tujuan wisata. Jogja menawarkan keindahan alam dan juga kekayaan budaya sehingga memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Ada banyak tempat wisata di Jogja yang bisa menjadi pilihan untuk liburan kamu. Artikel ini membahas 10 tempat wisata Yogyakarta baik tempat wisata alam maupun budaya yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang berencana berlibur ke kota pelajar ini.

Tempat Wisata di Yogyakarta

Candi Prambanan

rekomendasi tempat wisata bersejarah di jogja
image by hargatiket

Candi Prambanan berlokasi di Jl. Raya Solo-Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta. Candi Prambanan merupakan satu diantara tempat wisata di Jogja terbaik apalagi untuk kamu pecinta wisata sejarah.

Candi Prambanan menawarkan keindahan peninggalan zaman dahulu yang bisa dijadikan liburan sekaligus pembelajaran untuk kita sebagai generasi sekarang.

Harga tiket menuju Candi Prambanan hanya Rp 50.000. harga tersebut terbilang sangat murah dibandingkan dengan sesuatu yang akan kamu dapatkan usai berwisata di sini.

Wahana yang ditawarkan yaitu berupa bangunan candi yang sangat menakjubkan yang bisa digunakan sebagai latar spot foto kamu. Kamu juga bisa berjalan-jalan di area candi atau di halaman yang begitu luas dan hijau.

Fasilitas yang disediakan di sini juga sangat lengkap mengingat tidak hanya turis lokal saja tetapi juga internasional.

Jadi tidak heran jika pengelolaan wisata Candi Prambanan ini sudah baik.

Jam operasional Candi ini yaitu pukul 06.00 wib – 17.00 wib. Dan waktu terbaik untuk kamu mengunjungi tempat ini adalah sore atau pagi hari.

Taman Pelangi

tempat wisata menarik di jogja
image from wisatasleman

Bagi kamu yang mencari tempat wisata keluarga di Jogja, Taman Pelangi bisa menjadi salah satu pilihan kamu. Taman Pelangi berlokasi di Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Kamu hanya perlu membayar tiket seharga Rp 15.000 – Rp 20.000 per orang untuk bisa menikmati Taman Pelangi ini.

Wahana wisata taman langit ini memang dikhususkan untuk malam hari karena terdapat berbagai hiasan lampu di pepohonan yang membentang indah. Sehingga ketika kamu datang di malam hari, sekolah berada di atas awan bersama bintang-bintang karena banyaknya kerlap kerlip lampu di sini.

Suasana yang indah dan hangat ini tentu akan cocok jika anda datang bersama pasangan atau keluarga.

Fasilitas yang disediakan di taman pelangi juga sudah lengkap, termasuk tempat beribadah toilet maupun tempat makan di sekitar.

Jam buka Taman langit Jogja ini yaitu dari pukul 17.00 wib – 21.00 wib.

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa menghubungi pihak manajemen Taman Pelangi di nomor 62 274 868225.

Upside Down World

image from yanacircle travel

Upside down world merupakan tempat wisata di Jogja yang cukup unik dan masih jarang ditemukan di tempat lain. Upside down world berlokasi di Jl. Ring Road Utara, Puyeran, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Harga tiket untuk masuk ke wisata ini yaitu Rp 25.000 per orangnya.

Wahana yang ditawarkan dari tempat ini seperti namanya yaitu kamu akan disuguhkan dengan suasana rumah atau ruangan yang terbalik termasuk dengan penataan bendanya.

Wisata ini memang ditujukan untuk spot foto dengan view terbalik. Sehingga kamu akan merasakan seperti menempel atau melayang – layang di atas langit rumah.

Padahal kamu berada di posisi normal dan masih menginjak bumi. Jadi jangan khawatir, ya.

Siap-siap saja untuk pengalaman tak terlupakan ketika kamu memasuki tempat ini.

Fasilitas yang ditawarkan di wisata upside down world ini lengkap dan dijamin kebersihan serta kerapihannya.

Jam operasional upside down world yaitu pukul 10.00 wib – 19.00 wib.

Taman pintar

tempat wisata keluarga unik dan menarik di jogja
image from jogjakita.co.id

Pasti sudah tidak asing lagi dengan Taman Pintar, ikonik dari kota pelajar Yogyakarta ini.

Taman pintar berada di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Tiket masuk untuk ke taman pintar ini sangat murah hanya Rp 6000 saja.

Taman Pintar merupakan pusat wisata sains yang sangat cocok bila dikunjungi bersama keluarga terutama anak-anak. Wahana yang ditawarkan berupa peragaan-peragaan dan alat ksperimen-eksperimen.

Fasilitas di sini juga menunjang para wisatawan antara lain tempat ibadah, toilet, tempat bersantai, lingkungan yang bersih, dan lain-lain.

Jam operasional taman pintar buka di hari Selasa – Minggu, pukul 8.30 hingga 16.00 wib. Sedangkan khusus di hari Senin wisata Taman pintar Jogja tutup.

Jogja bay waterpark

tempat wisata keluarga yogyakarta
image from travelspromo

Jogja bay waterpark beralamat di Jalan Stadion Maguwoharjo, Depok, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa.

Merupakan wisata taman bermain air terbesar dan terbaru di Jogja. Total luas dari wisata ini dibangun di atas lahan sebesar 11 hektar.

Tiket masuk untuk bisa menikmati wahana di Jogja bay waterpark yaitu seharga Rp 90.000 untuk weekday dan Rp 100.000 untuk weekend.

Wahana yang terdapat di Jogja bay waterpark ini antara lain memo racer, bekti adventure, south beach, hip playground, donte wild river, dan lain-lain dengan total 19 wahana air.

Fasilitas yang disediakan di Jogja bay waterpark ini sangat lengkap dan komplit mulai dari mushola hingga urusan makanan.

Info penting bahwa Jogja bay waterpark buka setiap sabtu – minggu. Dengan jam buka loket pukul 08.00 wib.

Pantai Parangtritis

wisata alam pantai parangtritis di jogja
image from instagram @info.pantai

Pantai Parangtritis berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Jogja. Tepatnya berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Anda bisa memilih jalur Yogyakarta lewat Jl. Parangtritis ke Kretek sampai Parangtritis atau jalur lain dari melalui Yogyakarta lalu Imogiri hingga ke Parangtritis.

Tiket masuk ke Parangtritis weekday maupun weekend ya itu sama yaitu Rp 10.000 per orang.

Wahana yang ditawarkan di pantai Parangtritis ini sangat lengkap. Mulai dari berkuda di bibir pantai, menikmati pemandangan dan bermain air, pemandian umum dekat pantai, wahana motor ATV, surfing, paralayang, kereta kuda, hingga menikmati sunset saat matahari terbenam.

Fasilitas yang ada di Pantai Parangtritis ini sangat lengkap karena merupakan salah satu objek wisata alam Jogja yang sudah terkenal mendunia.

Jam operasionalnya yaitu setiap Senin – Minggu selama 24 jam.

Jadi kamu akan bisa pergi berlibur ke Pantai Parangtritis ini kapan saja.

Gumuk Pasir Parangkusumo

objek wisata unik di jogja
image from visitingjogja.com

Destinasi wisata di Jogja yang unik. Gumuk pasir Parangkusumo beralamat di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tiket masuk untuk ke wisata ini gratis, kamu hanya dikenakan biaya retribusi parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor, Rp 10.000 untuk mobil, dan Rp 20.000 untuk bus/travel.

Beberapa wahana yang menjadi keunggulan dari gumuk pasir Parangkusumo ini adalah sandboarding dan taman bunga matahari.

Untuk peralatan sandboarding ini kamu hanya perlu membayar Rp 100.000. untuk masuk ke Taman bunga matahari kamu hanya dikenakan tarif Rp 5.000 saja.

Fasilitas yang disediakan di gumuk pasir Parangkusumo ini antara lain area parkir, toilet umum, kios makanan, ayunan, gazebo, dan masih banyak lagi spot foto yang bisa kamu manfaatkan.

Wisata gumuk pasir Parangkusumo buka setiap hari dari pukul 07.00 wib hingga 17.00 wib.

Keraton Yogyakarta

image from liputan6

Tempat wisata di Jogja yang paling fenomenal dan hampir semua orang tahu adalah Keraton Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta hanya berjarak 50 meter dari Jalan Malioboro atau tepatnya di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta. Keraton Jogja berada di sebelah selatan alun-alun lor atau alun-alun utara Jogja.

Kamu hanya perlu membayar Rp 8.000 untuk bisa masuk mengunjungi wilayah Keraton Yogyakarta.

Wahana yang ditawarkan di Keraton Yogyakarta sangat kental dengan kebudayaan Jawa. Mulai dari bangunan arsitektur yang berseni dan memiliki ciri khas Jawa, ukiran bangunan sampai dengan alat musik yang akan membawamu ke nuansa kerajaan zaman dahulu.

Fasilitas yang tersedia di Keraton Yogyakarta ini juga lengkap. Seperti mushola untuk umum dan lain-lain. Tetapi perlu diingat bahwa kamu harus mematuhi peraturan selama di dalam Keraton karena bisa saja itu tidak berlaku untuk umum atau hanya dipakai oleh keluarga keraton saja.

Untuk jam operasional wisata keraton ini dibuka hari Jumat – Minggu pukul 11.00 – 17.00 wib.

Sedangkan untuk hari Senin hingga Kamis wisata keraton libur.

Ada pula jam operasional pagelaran setiap Sabtu – Kamis pukul 8.30 – 13.30. Sedangkan untuk hari Jumat pagelaran hanya diadakan sampai dengan pukul jam 11.00 wib.

Taman Sari

tempat wisata populer di jogja
image from shutterstock Fadli Suandi

Taman Sari merupakan situs bersejarah yang terkenal di Yogyakarta. Dulunya Taman Sari merupakan area pemandian pribadi bagi raja dan permaisurinya.

Kini sudah tak lagi digunakan dan dijadikan sebagai tempat wisata. Letaknya tak jauh dari komplek Keraton Yogyakarta yang mana sangat dekat dengan pusat Malioboro.

Tiket untuk masuk ke Taman Sari ini terbilang sangat murah yaitu hanya sekitar Rp 5.000 untuk wisatawan domestik.

Wahana yang ditawarkan di dalamnya berupa bangunan dan situs sejarah serta spot foto yang sangat menarik dan instagenic.

Fasilitas yang terdapat di Taman Sari ini antara lain area parkir yang luas, transportasi berupa becak tradisional, aneka kuliner di dekat pintu masuk, dan lain sebagainya.

Bentuk jam operasional Taman Sari sendiri yaitu buka setiap hari dari pukul 09.00 wib – 15.00 wib.

Malioboro

image from tribunnews jogja

Malioboro menjadi ikon dan pusat metropolitan Yogyakarta. Di Jalan Malioboro ini kamu bisa menemukan berbagai aneka kuliner serta oleh-oleh tradisional khas Jogja.

Malioboro disebut-sebut sebagai jantungnya tempat wisata di Jogja. Ketika malam hari tiba maka jalanan Malioboro dipenuhi dengan banyak wisatawan domestik maupun mancanegara.

Ketika pagi juga terdapat pasar Beringharjo yang tidak terlalu jauh letaknya dari pusat Malioboro. Ini merupakan surganya kuliner serta pusat belanja tradisional di Jogja.

Disamping itu letaknya juga sangat strategis dekat dengan stasiun tugu dan sangat dekat dengan tempat wisata lainnya. Seperti Keraton Jogja, Tamansari, alun-alun kidul, Taman pintar, benteng Vredeburg, tugu Jogja dan lain-lain.

Malioboro merupakan salah satu tujuan destinasi wisata di Jogja yang patut kamu datangi. Tidak ada biaya tiket hanya perlu membayar retribusi parkir saja. Pusat jalan Malioboro ini buka setiap hari dan selama 24 jam, tetapi ramai pengunjung ketika sore menjelang malam.


Demikian rekomendasi tempat-tempat wisata di Jogja yang bisa anda kunjungi bersama dengan keluarga anda saat berlibur. Semoga informasi ini dapat membantu anda, terima kasih.


Klook.com
travelspek

travelspek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *