10 Tempat Wisata di Bandung yang Instagramable

Tempat Wisata Bandung – Bandung memiliki berbagai tempat wisata yang sangat instagramable dan bisa menjadi destinasi wisata yang cocok untuk berlibur bersama teman, kekasih, maupun keluarga. Tempat wisata di Bandung juga menawarkan banyak yang akan mengisi waktu liburan jadi lebih seru dan menarik.

Sejumlah tempat wisata yang ada di Bandung sendiri tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan pada hari libur di akhir pekan saja, tapi juga berbagai hari libur nasional. Sebenarnya ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Namun, kali ini kita akan membahas beberapa tempat wisata yang instagramable.

Tempat wisata instagramable yang ada di Bandung memiliki pengunjung kebanyakan anak muda. Mereka mengunjungi tempat wisata tidak hanya untuk berlibur saja, tapi juga untuk mencari spot foto yang nantinya diunggah di akun media sosial Instagram. Hal tersebut memang sudah menjadi trend bagi para muda dalam berbagai sesuatu yang mereka sukai, salah satunya adalah berlibur ke tempat wisata.

10 Tempat Wisata Instagrammable Bandung

Banyak sekali tempat tujuan wisata di Bandung yang sebenarnya tidak boleh terlewatkan begitu saja. Namun, kali ini fokus hanya pada 10 tempat wisata yang instagramable dan ada di Bandung. Apa saja tempat wisata tersebut? Berikut ini daftarnya.

D’Dieuland

tempat-wisata-populer-di-bandung
image from travelspromo

Tempat wisata pertama yang instagramable adalah D’Dieuland yang terletak di Lembang, tepatnya kawasan wisata Punclut, di Kampung Pageurmanah. Ketika pandemi, tempat wisata ini ditutup sementara. Namun sekarang sudah dibuka kembali untuk umum sejak 13 Juni 2020 yang lalu.

Tempat wisata ini menawarkan sejumlah fasilitas bagi para wisatawan untuk dinikmati saat sedang berkunjung. Contohnya seperti beberapa tempat ketinggalan yang bisa membuat wisatawan melihat kota Bandung sembari duduk santai dan berfoto. Spot tersebut juga sudah dirancang agar bisa menjadi spot foto yang instagramable.

Salah satu spot foto yang instagramable adalah jembatan yang dihiasi lampu gantung dengan bentuk yang sangat unik. Jembatan tersebut mengarah ke hamparan pepohonan dan perbukitan.

Selain terdapat fasilitas yang instagramable, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah, asri, dan sejuk. Adanya udara sejuk memang menjadi ciri khas dari Lembang karena lokasinya yang berada di sekitar perbukitan.

Sedangkan fasilitas lain tersedia seperti outbound bagi anak-anak seperti Grooscopee dan flying fox.

Lereng Anteng

lereng-anteng-wisata-bandung
image from tourbandung

Tempat wisata selanjutnya masih berada di Lembang, yaitu Kampung Pageurmaneh, Pagerwangi, yang merupakan tempat wisata bernama Lereng Anteng. Lokasinya pun masih berada di sekitar kawasan wisata Punclut.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menawarkan keindahan pemandangan pegunungan. Wisatawan akan dimanjakan dengan adanya pemandangan berupa pepohonan hingga perbukitan yang hijau dan masih asri.

Tidak hanya menikmati keindahan alam saja, para wisatawan juga bisa mencoba berbagai kuliner yang khas dan tersedia berbagai pilihan tempat makan dengan banyak pilihan menu di dalamnya.

Lereng Anteng juga menyediakan spot foto instagramable yang harus dikunjungi agar bisa mendapatkan koleksi foto yang keren.

Lembang Wonderland

lembang-wonderland-bandung
image from travelspromo

Lembang memang memiliki berbagai tempat wisata di Bandung yang keren, dan salah satunya adalah Lembang Wonderland yang berlokasi di Jalan Raya Lembang No. 177, Jayagiri. Tentu saja tempat wisata ini menawarkan berbagai spot foto yang instagramable. Contohnya seperti area Snow Village dengan dekorasi yang dibuat seperti berada di Kutub Utara.

Di area Snow Village tersebut, para wisatawan bisa menikmati salju dan melihat bangunan yang transparan dengan ukuran yang kecil seperti iglo.

Sedangkan fasilitas lain yang bisa dikunjungi adalah Magic Forest dengan beberapa rumah pohon dan memiliki tema hingga desain yang unik. Beberapa tema dan desain yang dimilikinya seperti tarzan dan juga buah-buahan.

Great Asia Africa

great-asia-africa-lembang-bandung
image from tribunnews

Tempat wisata selanjutnya adalah Great Asia Africa atau GAA yang berlokasi di Jalan Raya Lembang – Bandung, No. 71, Gudangkahuripan, Lembang. Tempat wisata ini menawarkan beberapa lokasi yang menarik seperti kebun binatang mini hingga spot foto yang instagramable di arena Thailand, India, Jepang, Korea Selatan, Timur Tengah, dan tidak ketinggalan Nusantara.

Tidak hanya spot foto yang memiliki tema luar negeri. Ada juga tempat kuliner yang menyajikan makanan khas dari Jepang, India, hingga Afrika Selatan. Wisatawan juga bisa mencoba cokelat yang ada di Chocolate Factory.

Selain itu, para wisatawan juga bisa menyewa kostum pakaian khas dari India, Jepang, Korea Utara, Timur Tengah, dan negara lainnya.

Farm House

image from explorebandungbarat

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, Farm House adalah tempat wisata alam yang didesain sedemikian rupa sehingga terlihat mirip seperti peternakan yang ada di Belanda. Para wisatawan bisa menikmati tempat wisata ini dengan mengenakan pakaian khas Belanda sambil berjalan-jalan mengelilinginya.

Tempat wisata Farm House ini juga memiliki beberapa spot foto yang instagramable. Contohnya adalah lapangan yang memiliki latar belakang berupa rumah dengan gaya klasik Eropa dan terdapat area My Secret dengan bangunan tua yang dikelilingi dengan berbagai macam bunga dan pagar pembatas yang terbuat dari batang pohon.

Para wisatawan yang tertarik dengan suasana di Eropa bisa mengunjungi tempat wisata ini. Jangan lupa cari spot foto yang pas sehingga bisa mengambil foto yang instagramable.

Kebun Binatang Bandung

objek-wisata-di-bandung
image from tempatwisatadibandung

Selanjutnya, ada objek wisata Bandung yang berupa kebun binatang dengan luas lahan mencapai 14 hektar dan berlokasi tepat di jantung Kota Bandung. Kebun binatang sangatlah cocok dikunjungi bersama keluarga. Tidak hanya menikmati liburan saja, di kebun binatang terdapat banyak satwa yang beraneka ragam.

Di dalam kebun binatang Bandung terdapat setidaknya 800 satwa. Tempatnya yang asri tentu saja memberikan kenyamanan pada saat berkunjung.

Tidak hanya koleksi satwanya yang menjadi tujuan berwisata ke kebun binatang ini. Para wisatawan juga bisa menemukan spot foto instagramable. Ditambah dengan adanya wahana menunggangi satwa yang ada di sana, seperti gajah, unta, dan kuda yang bisa membawa berkeliling sambil menikmati pemandangan.

Karang Setra Waterland

destinasi wisata bandung karang setra waterland
image from ngetripkemana

Jika dilihat dari website resminya, yaitu karangsetrawaterland.com, tempat wisata yang berada di Bandung ini memiliki luas area hingga 6 hektar. Bahkan tempat wisata ini diresmikan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno di tahun 1954.

Karang Setra Waterland adalah tempat wisata di Bandung yang berupa kolam renang dan pertama di Bandung. Bahkan menjadi yang terluas di Asia Tenggara.

Pada awalnya, tempat wisata ini akan difungsikan sebagai tempat latihan bagi para atlet renang. Seiring dengan perkembangan zaman, tempat wisata Karang Setra ini akhirnya menjadi tempat hiburan bagi keluarga dengan adanya penambahan nama Waterland.

Berbagai fasilitas yang ada di tempat wisata Karang Setra Waterland ini antara lain ada kolam renang khusus anak, mini cinema hingga banteng ngamuk, balon air dan sepeda udara, air terjun, gazebo, kolam prestasi, kolam pantai, kolam arus, aqua water, ember tumpah, miniature dewaruci, water boom, dan pelang slider.

Tempat wisata ini juga sangat instagramable. Para wisatawan yang berkunjung bisa mengabadikan setiap aktivitas yang dilakukan ke dalam foto dan diunggah ke media sosial Instagram.

Taman Lalu Lintas

wisata-taman-lalu-lintas-bandung
image from kompas megapolitan

Tempat wisata selanjutnya berupa wisata edukasi yang bernama Taman Lalu Lintas yang didirikan Yayasan Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution Bandung atau YTLL-AISN. Sebagai tempat wisata edukasi, wisatawan bisa mendapatkan pengetahuan seputar perlalulintasan atau traffic education. Khususnya bagi para anak-anak agar mendapatkan pendidikan mengenai lalu lintas sejak dini.

Selain sebagai tempat wisata edukasi, Taman Lalu Lintas juga menawarkan sarana rekreasi dan hiburan lain, seperti arena sepeda mini, kereta api mini, kerosel, panggung hiburan, kolam pancing bagi anak-anak, kolam renang khusus anak, mobil dengan baterai dan lain sebagainya.

Tempat wisata di Bandung kali ini juga menawarkan spot foto instagramable dengan latar belakang berupa taman kota yang masih indah dan asri.

Taman Hutan Ir. H. Djuanda

taman hutan raya ir. h. djuanda bandung
image from infobdg

Berlokasi di Kompleks Tahura, Jl. Ir. Juanda, No. 99, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Taman Hutan Ir. H. Djuanda menawarkan tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah. Luas dari taman ini mencapai 526,98 hektar dan menjadi kawasan untuk konservasi terpadu antara hutan tanaman berjenis pinus dengan alam sekunder.

Taman Hutan ini adalah bagian dari daerah yang cekung di Bandung. Daerah ini juga memiliki latar belakang sejarah yang sangat erat dengan zaman purba.

Selain menjadi tempat wisata sejarah bagi para wisatawan yang berkunjung, Taman Hutan Ir. H. Djuanda pun menyajikan pemandangan alam yang masih indah, asri dan sejuk. Jadi sangat cocok dijadikan sebagai tempat berwisata alam untuk refreshing dan mencari spot foto yang instagramable.

Puncak Bintang

tempat wisata di bandung terbaik
image from dayatarik

Puncak Bintang merupakan tempat wisata alam di Bandung yang berlokasi di Dago. Para wisatawan bisa menikmati sejuknya udara dan juga pemandangan Kota Bandung yang terlihat dari atas. Jika berkunjung ke Puncak Bintang ketika malam hari, wisatawan bisa melihat indahnya pemandangan Kota Bandung yang terlihat seperti hamparan bintang dikarenakan lampu dari rumah dan berbagai gedung yang ada di Kota Bandung.

Jika ingin lebih puas ketika mencoba travel Bandung, kunjungi Puncak Bintang pada sore hari. Pemandangan sunset atau matahari tenggelam bisa disaksikan dari tempat wisata ini, tepatnya di Bukit Binta Bandung yang masih masuk ke dalam kawasan Puncak Bintang. Lokasi ini juga bisa dijadikan sebagai spot foto yang instagramable.

Makanan Khas Bandung

makanan khas bandung nasi timbel
Nasi Timbel
image by @foodgallerybdg

Selain wisata alam, Bandung juga merupakan tempat yang sering dikunjungi untuk berwisata kuliner. Berbagai kuliner khas Bandung seperti Seblak, Nasi Timbel, Mie Kocok, Cuanki dan sebagainya akan dapat menggugah selera makan anda. Tidak hanya itu, cemilan-cemilan Bandung seperti Pisang Bolen dan Surabi juga sangat populer bagi kalangan lokal maupun pendatang.

Tips Berfoto di Tempat Wisata

Setelah mengetahui 10 tempat wisata di Bandung yang instagramable, simak beberapa tips berfoto di tempat wisata agar menghasilkan foto yang keren dan yang pasti instagramable.

Mencari Tahu Informasi Tempat Wisata

Pertama yang perlu dilakukan sudah pasti mencari tahu seluk beluk mengenai tempat wisata yang akan dikunjungi. Cari informasi yang meliputi harga tiket, lokasi dan rute, hingga jam operasionalnya. Hal ini penting dilakukan agar saat berkunjung nanti bisa lancar dan efektif jika ingin berburu spot foto tanpa ada kendala.

Misalnya lokasi dan rute yang sudah diketahui akan mempermudah perjalanan ke lokasi wisata. Kemudian tiket masuk dan jam operasional bisa mempermudah persiapan dan kapan harus berangkat. Jangan sampai mengunjungi tempat wisata beberapa jam sebelum tutup karena bisa terburu-buru dan hasil foto akan jelek.

Mencari Referensi Lewat Media Sosial

Agar bisa mendapatkan gambaran mengenai tempat wisata dan spot yang tepat untuk berfoto, cari referensinya terlebih dulu lewat media sosial, seperti Facebook dan Instagram sehingga bisa mempermudah dalam mencari spot tanpa membuat waktu.

Dengan mengetahui informasi berdasarkan referensi yang sudah didapatkan, spot mana saja yang akan dijadikan sebagai tempat berfoto bisa langsung ditemukan. Biasanya banyak wisatawan lain yang membagikan foto di spot tertentu yang ada di dalam tempat wisata. Itulah yang harus dijadikan sebagai referensi.

Dengan mengetahui spot yang ada maka akan mempermudah dan mempersingkat waktu. Jika sudah berfoto di spot terbaik yang ada, sisa waktu bisa digunakan untuk menjelajah spot lain yang mungkin belum diketahui oleh wisatawan lain.

Datang Saat Masih Sepi

Mengunjungi tempat wisata di Bandung saat masih sepi juga bisa dilakukan sehingga bisa menghasilkan jepretan yang terbebas dari banyaknya wisatawan lain. Cara ini bisa dilakukan dengan cara mengunjungi di hari kerja. Jadi tidak banyak wisatawan lain yang berkunjung.

Jika masih sepi dari wisatawan lain, pengambilan foto bisa lebih bebas dan leluasa. Bahkan tidak perlu mengantre jika ingin berfoto di spot tertentu yang biasanya ramai orang mengantre. Tidak perlu lagi jengkel jika ada wisatawan lain yang suka berlama-lama pada satu spot foto.

Namun, jika yang ingin difoto adalah aktivitas wisatawan yang berkunjung, datanglah pada akhir pekan karena pasti ramai. Jadi tentukan juga apakah ingin sepi atau ramai wisatawan sehingga bisa mendatangi tempat wisata pada hari yang tepat.

Mengetahui Waktu Terbaik

Mengambil foto di spot foto pada tempat wisata juga harus dilakukan di waktu yang terbaik. Setiap tempat wisata jelas memiliki waktu terbaik yang berbeda untuk difoto. Bahkan tergantung dari posisi matahari hingga musimnya. Hal ini jelas bisa menjadi pertimbangan sebelum mengunjungi tempat wisata dengan tujuan berfoto di spot tertentu.

Setiap tempat wisata bisa saja memiliki waktu terbaik pagi atau sore, di mana cahaya matahari berperan penting di dalamnya. Misalnya, tempat wisata yang dijadikan tujuan akan terlihat indah karena cahaya matahari sore, maka datangi tempat wisata tersebut di sore hari.

Faktor musim dan cuaca juga harus menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting. Tempat wisata dengan spot panorama seperti di pegunungan biasanya akan sangat tepat jika dikunjungi saat musim kemarau. Jika pada musim hujan, maka cuaca bisa saja menjadi penghambat. Selain itu, daerah pegunungan akan tertutup kabut sehingga pemandangan tidak akan terlihat jelas.

Mempersiapkan Perangkat Lengkap

Setelah semua hal di atas selesai dilakukan, pastikan perangkat foto lengkap dan tidak tertinggal. Jika memang memiliki perangkat lengkap, jangan sampai ada yang tertinggal. Teliti kembali barang yang akan dibawa sebelum berangkat.

Namun, jika ingin lebih praktis bisa dengan menggunakan ponsel dalam mengambil gambar. Sekarang ini banyak ponsel yang dibekali kamera yang sangat berkualitas.

Pastikan juga baterai dan juga kartu memori masih mencukupi untuk menyimpan foto. Jangan sampai sudah sampai di tempat wisata namun baterai tinggal sedikit dan kartu memori dalam keadaan penuh.

Itulah tips dan informasi mengenai tempat wisata di Bandung yang memiliki spot foto instagramable. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan kunjungi berbagai tempat wisata seperti di atas bersama teman, kekasih, atau keluarga.

Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda dan selamat berjalan-jalan di berbagai destinasi wisata di Bandung ini, terima kasih.


travelspek

travelspek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *