15 Tujuan Tempat Wisata di Lembang yang Sayang untuk Dilewatkan

Bandung bagian utara alias Lembang sudah lama dikenal sebagai salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi ketika berlibur ke kota kembang, Bandung. Apalagi, Lembang dikenal sebagai gudangnya tempat wisata karena ada banyak sekali tempat menarik untuk dikunjungi.

Destinasi Wisata Lengkap di Lembang

Anda yang ingin berlibur ke sini sudah pasti wajib hukumnya untuk mengetahui apa saja tempat wisata di Lembang. Oleh karenanya, dalam artikel ini akan kami sampaikan 15 rekomendasi destinasi wajib yang harus kalian datangi jika berlibur ke Lembang.

Tangkuban Perahu

objek wisata populer lembang jawa barat
image by @ridzalfadli instagram

Siapa sih yang tidak mengenal gunung aktif yang satu ini? Ya, gunung yang terkenal dengan cerita legenda Sangkuriang ini memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan, terutama yang berkunjung ke daerah Bandung.

Bisa dibilang, Tangkuban Perahu merupakan salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi. Meskipun terbilang gunung aktif, namun tidak perlu khawatir karena gunung ini masih aman untuk dikunjungi.

Keunikan tempat ini tidak hanya berhenti pada kawasan kawah yang masih aktif dan udara yang sejuk. Anda dapat berfoto sesuka hati karena banyaknya spot menarik yang dapat dijadikan latar belakang foto.

Jika ingin berkunjung ke sini, ada berbagai pilihan mode transportasi yang bisa Anda pilih. Mulai dari kendaraan pribadi, bus, hingga angkot. Selain itu, jika ingin membeli oleh-oleh maka di sekitar obyek wisata tersebut tersedia berbagai deretan toko yang menyediakannya.

De Ranch Lembang

tempat tujuan wisata keluarga terbaik di lembang bandung
image from javatravel.net

Anda ingin berlibur bersama dengan keluarga dengan destinasi yang menarik ala peternakan, datanglah ke De Ranch Lembang. Salah satu tujuan wisata Lembang ini menyediakan berbagai spot yang menarik di mana wisatawan dapat menyewa beberapa kuda yang sudah terpelihara dengan menggunakan kostum koboi.

Jika Anda ataupun keluarga Anda takut untuk menunggang kuda secara langsung, ada alternatif delman yang disediakan di tempat wisata ini. Dengan tarif sewa yang terjangkau, Anda akan puas berkeliling tempat wisata tersebut dan mendapatkan pengalaman yang seru.

Selesai berkuda, Anda dan keluarga dapat mencoba berbagai wahana yang menarik, mulai dari trampolin, flying fox, hingga panahan. Khusus untuk anak-anak, ada juga berbagai wahana lain seperti permainan mancing dan peti luncur.

Jika ingin mendapatkan pengalaman seru lainnya, jangan lupa untuk mencoba aktivitas memerah susu sapi. Tidak perlu khawatir dengan keamanannya karena Anda akan ditemani oleh para petugas yang sudah berpengalaman. Pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, bukan?

Floating Market

objek wisata unik di lembang
image from traveloka.com

Berkunjung ke Bandung sepertinya tidak lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisata di Lembang yang hits satu ini. Ya, Floating Market memang sudah dikenal cukup lama sebagai salah satu destinasi kuliner wajib yang harus dikunjungi ketika berwisata ke Lembang.

Di sini, Anda dapat menikmati berbagai kuliner nusantara di berbagai gazebo yang tersedia. Selain itu, Anda juga dapat menikmati berbagai wahana permainan yang telah disediakan, mulai dari sepeda air, perahu bebek, dan sebagainya.

Karena banyaknya wahana yang tersedia untuk anak-anak dan orang dewasa, maka sudah pasti Anda wajib membawa serta keluarga ketika berlibur ke sini. Langsung saja datang ke Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Bandung untuk menikmati sensasi wisata kuliner dengan cara yang unik dan berbeda.

Kebun Teh Sukawana

image from wisataidn.com

Kawasan Lembang yang terletak di dataran tinggi membuat perkebunan teh tumbuh subur, salah satunya seperti di kawasan kebun Sukawana yang ada di Parongpong. Kurang lebih 15 km dari pusat kota Bandung, Anda akan menemukan wisata alam yang masih asri dengan udara yang sejuk dan pemandangan sekitar yang sangat menakjubkan.

Ada berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat ini selain berfoto selfie atau berjalan-jalan mengitari kebun sembari melihat para pekerja yang sedang memetik daun teh. Jika Anda berencana ingin camping, pihak pengelola juga sudah menyediakan lapangan khusus.

Atau jika Anda ingin bersepeda di kawasan tempat wisata di Lembang yang satu ini, sudah tersedia jalur khusus. Kalaupun tidak membawa sepeda sendiri, tidak perlu khawatir karena pihak pengelola sudah menyediakan tempat penyewaan sepeda dengan tarif yang terjangkau.

Anda juga dapat berkunjung langsung ke pabrik pengolahan teh, tentunya dengan didampingi oleh petugas dari pihak pengelola. Wah, tentu bakal jadi pengalaman yang berbeda dan unik jika berkesempatan melihat proses pembuatan teh secara langsung.

Pemandian Air Panas Ciater

tempat wisata keluarga populer di lembang ciater
image from pegipegi.com

Sudah sejak lama, kawasan pemandian Ciater menjadi salah satu destinasi yang kerap dijadikan tujuan wisata utama jika berkunjung ke Lembang. Hal ini karena sensasi sejuk dan hangat yang berpadu untuk dapat menghilangkan penat.

Air panas yang ada di wisata ini merupakan air panas alami karena berasal dari kawah Gunung Tangkuban Perahu. Air yang mengandung belerang ini tentunya mengandung berbagai mineral alami sehingga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Bahkan mitosnya, Anda yang berendam di sini akan menjadi semakin awet muda.

Saking serunya berlibur di sini kerap kali membuat para wisatawan menjadi lupa waktu. Setelah puas berendam, Anda dapat menikmati suasana sejuk sambil menyantap berbagai hidangan yang tersedia. Melihat tersedianya pengalaman yang berbeda di kawasan ini tentunya tidak mengherankan jika kawasan wisata ini selalu ramai oleh pengunjung, terutama di masa-masa liburan.

Observatorium Bosscha

tempat tujuan wisata unik lembang bandung
image from pergidulu.com

Anda yang pernah menonton film Petualangan Sherina tentu tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini. Ya, inilah Observatorium Bosscha yang ternyata menjadi salah satu observatorium bintang tertua di Indonesia.

Merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat berbagai taburan bintang dan benda-benda luar angkasa sehingga jika Anda berwisata di sini tidak hanya sekadar berwisata alam namun juga ilmu pengetahuan.

Arsitekturnya yang bergaya Eropa ini telah berusia hampir 100 tahun, namun masih kokoh sampai saat ini. Teleskop yang tersedia juga cukup lengkap, salah satunya Refraktor Ganda Zeiss sebagai teleskop terbesar untuk meneropong bintang. Untuk menggunakannya pun harus dilakukan secara khusus karena terletak di atap kubah setengah lingkaran sehingga atap tersebut harus dibuka terlebih dahulu.

Buat Anda yang berencana berkunjung ke tempat wisata di Lembang yang satu ini, ada baiknya jika dilakukan pada hari Sabtu atau Minggu karena untuk Selasa hingga Jumat disediakan untuk lembaga atau instansi, sementara Senin tutup. Tidak ada tarif tiket masuk yang dibebankan meskipun jika ingin menggunakan teleskop Zeiss harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Farm House Susu Lembang

image by @muhammadarsyadyahya

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Lembang, tentu tidak boleh melewatkan tempat wisata menarik yang satu ini. Berada di kawasan strategis jalur utama Bandung-Lembang, Farm House menyediakan berbagai objek foto dan nuansa wisata yang lain daripada yang lain.

Kawasan yang selalu ramai di masa liburan ini menyediakan wisata yang unik karena menghadirkan suasana khas dengan rumah-rumah vintage yang bergaya Eropa. Bahkan, Anda juga bisa berfoto menggunakan baju-baju bernuansa Eropa sehingga akan semakin menambah koleksi foto-foto Anda.

Selain itu, objek favorit lainnya adalah Rumah Hobbit yang dikelilingi oleh taman-taman khas Eropa. Tatanan rumah-rumah kecil ini sangat rapi, mungil, dan menjadi daya tarik bagi pengunjung anak-anak maupun dewasa.

The Lodge Maribaya

image from nativeindonesia.com

Sebagai salah satu destinasi wajib yang populer di kawasan Lembang, kawasan rekreasi alam ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Anda dapat menikmati berbagai wahana yang tersedia, mulai dari Hot Air Balloon, Sky Bike and Wings, hingga Zona Paralayang.

Jika ingin berlibur dengan nuansa yang sedikit berbeda di kawasan objek wisata Lembang yang satu ini, cobalah untuk ber-camping di tempat ini. Ya, pihak pengelola juga sudah menyediakan sejumlah tempat khusus untuk berkemah, maupun rumah joglo yang siap disewakan.

Kawasan yang sejuk dan penuh dengan pepohonan hijau ini tentu saja menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Anda bisa menjadikannya sebagai tempat untuk penghilang penat sekaligus mendapatkan foto berlatar belakang alam yang pasti unik.

Grafika Cikole Lembang

tempat tujuan wisata menarik di lembang
image from adventure-galaxy.com

Sebagai salah satu spot wisata baru yang ada di kawasan Lembang, Grafika Cikole menawarkan berbagai objek wisata yang sangat menarik dan cocok dikunjungi bersama dengan keluarga atau kunjungan instansi. Hal ini karena adanya berbagai wahana outbond yang sangat menarik.

Hal yang unik dari tempat wisata ini adalah adanya berbagai penginapan yang mengusung gaya vintage dan terbuat dari kayu. Anda akan serasa dibawa ke kawasan pedesaan yang unik layaknya di film-film. Apalagi ditambah dengan suasana sejuk dan dingin karena kawasan ini berada di ketinggian sekitar 1.400 mdpl.

Curug Tilu Leuwi Opat

objek wisata alam populer di lembang
image from wisatalova.com

Merupakan salah satu curug atau air terjun yang berada di wilayah Parompong, 9 km dari pusat Lembang. Jika menggunakan kendaraan pribadi, tempat wisata di Lembang yang satu ini dapat ditempuh selama 30 menit dengan medan yang cukup terjal.

Kendati demikian, sensasi puas akan Anda rasakan bila sudah sampai di kawasan curug ini karena pemandangannya yang luar biasa apik. Berupa batuan cadas hitam dan tebing yang ditumbuhi lumut dan tumbuhan hijau, serta kolam alami sedalam kurang lebih 9 meter.

Keunikan lainnya adalah jumlah air terjun yang banyak dan nama yang berbeda-beda. Mulai dari Curug Aseupan, Tulu, Cilaki, hingga Citulang. Begitu pula dengan sungai yang ada, yakni Leuwi Baeud, Gentong, Kacapi, dan Bagong. Unik-unik ya!

Gunung Batu

objek wisata alam di lembang
image from IG @sdverdana

Jika selama ini Anda hanya mengenal kawasan alam Lembang hanya Tangkuban Perahu, nyatanya ada juga Gunung Batu yang menjadi salah satu objek wisata alam andalan kawasan Lembang. Tempatnya yang indah dan sejuk membuat daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan.

Di sini, Anda tidak hanya dapat menikmati alam yang mempesona, namun juga dapat melihat keindahan sunrise dan sunset dari atas gunung. Sejatinya kawasan ini bukanlah gunung api layaknya Tangkuban Perahu karena memang keunikannya terletak pada batu-batu raksasa yang menjadi destinasinya. Bonusnya, Anda juga dapat belajar sejarah mengenai geologi asal mula kota Bandung.

Anda yang suka dengan aktivitas panjat tebing bisa memilih kawasan Gunung Batu ini. Sebab, karakteristik kawasan yang didominasi oleh batuan andesit ini sangat cocok untuk aktivitas memanjat. Anda bahkan juga dapat berkemah di gunung yang diperkirakan sudah ada sejak 500.000 tahun lalu.

Taman Lembah Dewata

wisata alam di lembang
image from explorewisata.com

Anda mencari kawasan wisata danau alami? Datanglah ke kawasan Jalan Raya Tangkuban Perahu KM 3,7 Cibogo di mana terdapat pemandangan danau berlatar belakang perbukitan hijau. Sebagai spot paling wajib dikunjungi, tentunya lensa kamera Anda akan mendapatkan banyak foto yang instagramable.

Selain danau, tempat wisata ini juga menawarkan berbagai pilihan wahana yang sangat sayang untuk dilewatkan. Mulai dari taman labirin, taman rumput, hingga wisata berkuda mengelilingi kawasan danau. Kawasan yang cocok digunakan untuk melepaskan penat ini tentu akan menjadi kesan bagi perjalanan wisata Anda di daerah Lembang.

Dusun Bambu Family Leisure Park

tempat-tempat wisata menarik di lembang
image from nativeindonesia.com

Taman rekreasi berbasis eco-tourism yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata di Lembang, tepatnya di kaki Gunung Burangrang. Panorama alam yang memukau menjadikan kawasan ini favorit banyak pengunjung, apalagi oleh rombongan keluarga.

Di sini, Anda dapat mencicipi beragam kuliner khas di kafe yang arsitekturnya unik. Anda juga bisa menginap secara camping atau villa dan melakukan berbagai aktivitas seru di kawasan danau buatan yang tersedia.

Lembang Park and Zoo

image from IG lembang_parkzoo

Tempat wisata yang baru dibuka pada tahun 2019 ini menjadi salah satu destinasi baru yang wajib untuk dikunjungi. Sebab sesuai namanya, Anda akan menemukan beragam satwa meskipun tidak dibuat dalam skala yang besar.

Kawasan yang dibuat dengan mengusung tema modern ini memiliki berbagai jenis satwa yang dilindungi, mulai dari burung merak, meerkat, beruang madu, hingga lutung budeng. Anda bahkan dapat mengunjung sebuah bird aviary untuk berswafoto bersama dengan berbagai spesies unggas.

Membawa keluarga ke kawasan ini tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri karena berbagai edukasi yang dapat diberikan, terutama berkaitan dengan pengenalan satwa. Selepas melihat satwa, Anda bisa naik perahu canoe, berkuda, hingga berkeliling area wisata menggunakan scooter.

Untuk mengunjungi tempat ini, tersedia berbagai pilihan transportasi umum, namun Anda juga bisa menggunakan travel Lembang ataupun kendaraan pribadi. Dengan tarif masuk yang terjangkau tentunya akan terbayarkan dengan pengalaman yang tidak dapat terlupakan.

The Great Asia Africa

great-asia-africa-lembang-bandung
image from tribunnews

Mendengar kata Asia-Afrika, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah jalan Asia-Afrika yang terletak di pusat kota Bandung. Namun, berbeda dengan kawasan wisata yang ada di Lembang ini. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan dan berfoto dengan latar belakang khas negara Asia dan Afrika.

Ya, sebagai salah satu destinasi baru, The Great Asia Africa ini menawarkan wisata foto sekaligus edukasi kepada para pengunjungnya. Bagaimana tidak, area yang dibagi dalam beberapa bagian kecil seperti Indonesia, Jepang, Korea, India, dan kawasan negara-negara Afrika ini menampilkan berbagai tema khas dengan bangunan tematik setiap negara.

Di sini, Anda bahkan dapat berfoto menggunakan baju nasional tiap negara dan mencicipi kuliner khas dari tiap negara. Tidak jarang, ada beberapa festival atau acara kebudayaan yang diselenggarakan dalam event-event tertentu.


Itulah beberapa tempat wisata di Lembang yang sangat menarik untuk dikunjungi. Semoga info-info di atas akan dapat membantu anda. Terima kasih.


travelspek

travelspek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *