Inilah Tempat Wisata di Lombok yang Menarik

Tempat Wisata Lombok – Selain mempunyai Pulau Bali yang menawan, Indonesia juga mempunyai Pulau Lombok yang tak kalah menawan dari Pulau Bali. Tempat wisata di Lombok telah menjadi daya tarik tersendiri baik untuk wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Ada begitu banyak lokasi wisata di Lombok yang bisa membuat para wisatawan terkagum-kagum akan keindahannya. Oleh karena itu Anda memerlukan perencanaan jadwal yang baik supaya tak melewatkan setiap bagian dari keindahan Lombok ini. Lalu lokasi wisata di Lombok apa saja yang harus dikunjungi?

Intip juga tempat-tempat wisata bagus di Palembang Sumsel

Menikmati Keindahan Tempat Wisata di Lombok

  • Pantai Senggigi
tempat wisata pantai indah di lombok pantai senggigi
image from google map

Pantai Senggigi merupakan salah satu lokasi wisata di Lombok yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai Senggigi ada di bagian barat Pulau Lombok dan memiliki suasana yang mirip Pantai Kuta di Bali, namun memiliki ombak tenang yang sangat cocok untuk aktivitas berenang dan snorkeling.

Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dan akan memanjakan Anda dengan keindahan air laut yang jernih beserta pasir pantainya. Pantai Senggigi memang menjadi salah satu destinasi wisata Lombok yang paling dikenal.

Pantai Senggigi memiliki fasilitas pendukung wisata seperti hotel, sarana transportasi, restoran, bar, dan berbagai fasilitas lainnya yang sangat lengkap.

  • Pantai Kuta Lombok
objek wisata alam pantai indah di lombok
image from duaistanto

Ternyata tak hanya Pulau Bali yang mempunyai Pantai Kuta dengan sunsetnya yang mengagumkan, Pulau Lombok juga mempunyai Pantai Kuta yang tak kalah cantik. Pantai Kuta Lombok berlokasi di Desa Kuta yang berjarak 56 km dari kota Mataram, Lombok.

Pantai Kuta Lombok memiliki pasir yang halus seperti merica, maka dari itu banyak warga sekitar yang menyebut pantai satu ini sebagai pantai merica.

Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu lokasi wisata yang paling indah di Lombok, bahkan menjadi salah satu yang paling indah di Indonesia mengingat masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Aktivitas wisata utama di pantai ini adalah selancar sebab ombaknya menjadi salah satu yang terbaik bahkan di dunia. Aktivitas wisata lainnya yang bisa dilakukan di Pantai Kuta Lombok antara lain: snorkeling, menyelam, memancing, dan berbagai aktivitas lainnya yang tak kalah menyenangkan.

  • Gunung Rinjani
ikon wisata terkenal di lombok kawah gunung rinjani
image from shutterstock

Gunung Rinjani merupakan tempat wisata di Lombok sekaligus ikon wisata yang paling terkenal. Memiliki ketinggian lebih dari 3.700 meter, gunung Rinjani merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia.

Bagi para penganut agama Hindu, Gunung Rinjani memiliki nilai spiritual tersendiri sebab dianggap sebagai tempat tinggal para dewa.

Tentunya wisata terfavorit di gunung Rinjani ini adalah pendakian. Gunung Rinjani dianggap menjadi gunung dengan pemandangan paling indah di Asia, maka ada banyak orang yang mendaki gunung ini untuk bisa menikmati pemandangan yang tak ada duanya.

Untuk bisa mencapai puncak gunung Rinjani, Anda akan memerlukan waktu beberapa hari. Oleh sebab itu persiapkan dengan matang semua kebutuhan Anda bila ingin berwisata ke gunung Rinjani.

  • Pantai Sekotong

Pantai Sekotong berlokasi di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat atau sekitar 60 km dari Kota Mataram. Terdapat perbukitan melingkar yang mengelilingi pantai ini tak jauh dari tepian pantai.

Pantai pasir putih dan lautnya yang biru membuat tempat ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Pulau Lombok. Pantai Sekotong juga masih terjaga keasriannya, bebas polusi serta belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

  • Pura Batu Bolong

Tempat wisata di Lombok ini berlokasi di daerah Senggigi, Lombok. Pura Batu Bolong ada di atas sebuah batu karang yang berwarna hitam dan menjorok ke arah laut.

Pada bagian tengah batu karang ini ada sebuah lubang, maka pura ini pun dinamakan Pura Batu Bolong. Seperti halnya pura-pura secara umum di Bali, untuk bisa memasuki Pura Batu Bolong, Anda wajib menggunakan kain berwarna kuning di bagian pinggang.

Pura Batu Bolong memiliki latar belakang panorama Gunung Agung dan Selat Lombok, sehingga sangat mengagumkan sebagai lokasi foto, khususnya saat momen sunset atau matahari tenggelam.

  • Gili Nanggu

Gili Nanggu berlokasi di pesisir barat Pulau Lombok atau di Selat Lombok. Secara administratif, pulau ini berlokasi di daerah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Di Gili Nanggu ada pantai mengagumkan dengan hamparan pasir putihnya berikut lautan yang biru. Suasana alamnya pun hening, membuat pulau ini menjadi lokasi yang tepat untuk para pasangan yang ingin berbulan madu.

Sunset atau matahari tenggelam menjadi momen yang paling indah di lokasi wisata alam Lombok dengan luas sekitar 8 hektar ini.

  • Taman Narmada
image fom baliluxuryvillas

Lokasi Taman Narmada berada di Desa Lembuak, sekitar 10 km sebelah timur kota Mataram. Taman yang memiliki luas sekitar 2 hektar ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok.

Dahulu taman ini digunakan sebagai tempat upacara dan tempat istirahat, akan tetapi sekarang ini taman ini sudah beralih fungsi sebagai lokasi wisata.

Hal yang unik dari Taman Narmada adalah desainnya merupakan replika mini gunung Rinjani. Tak hanya itu, ada pula sumber mata air dari gunung Rinjani yang diyakini bisa membuat Anda awet muda jika Anda meminum air tersebut dan membasuh muka.

  • Air Terjun Sendang Gile

Lokasinya di Lombok Utara, jarak antara air terjun Sendang Gile dan kota Mataram sekitar 60 km atau 3 jam perjalanan. Berlokasi di wilayah Desa Senaru, air terjun Sendang Gile merupakan pintu masuk awal jalur pendakian Gunung Rinjani.

Karena mempunyai sumber air yang sama dengan sumber mata air di Taman Narmada, air di tempat wisata di Lombok ini juga diyakini bisa membuat Anda awet muda jika Anda menggunakan airnya untuk membasuh muka atau mandi.

Untuk bisa menikmati sumber mata air di air terjun Sendang Gile, sekitar 200 anak tangga harus Anda naiki terlebih dahulu.

  • Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air

Ketiga pulau ini seolah bisa mewakili gambaran keindahan pantai-pantai di Pulau Lombok. Semuanya menghadirkan air laut yang bening, hamparan pasir putih tanpa sampah berserakan, serta terumbu karang dan ikan-ikan yang menggemaskan.

Ketiga pulau kecil yang ada di tengah lautan ini mempunyai perbedaaan karakteristiknya yang unik. Masing-masing memiliki ciri khas dan suasana alam tersendiri. Bahkan para akhirnya perbedaan tersebut seolah memilah para wisatawan sesuai dengan sifat, minat dan kepribadiannya.

Gili Trawangan adalah pulau paling besar, paling ramai serta paling jauh dari pulau utama Lombok. Banyak wisatawan yang berkunjung terdiri dari orang-orang yang penuh semangat dan berjiwa muda.

Sementara itu, Gili Meno berlokasi di antara Gili Trawangan dan Gili Air, lebih cocok untuk wisatawan yang menginginkan relaksasi di tengah kesunyian. Wisatawan benar-benar disajikan nuansa alami pantai tropis yang tenang. Pohon bakau masih tampak merumpun di sepanjang pesisir pantai.

Berbeda lagi dengan suasana di Gili Air. Tempat wisata di Lombok ini adalah pulau terdekat dari Lombok dan lebih cocok untuk wisatawan yang berlibur dengan keluarga. Paling banyak dihuni penduduk lokal, pulau ini lebih menghadirkan suasana pantai yang tak ramai namun juga tak terlalu sepi.

Sekalipun berlokasi di tengah lautan, para wisatawan tak perlu khawatir mengenai akomodasi, transportasi ataupun soal perut. Seluruh fasilitas wisata lengkap tersedia. Masing-masing pulau mempunyai hotel, restoran, tempat ibadah hingga diskotek sekalipun. Seluruh kemudahan itu menjamin kenyamanan dalam berlibur yang menyenangkan.

  • Danau Segara Anak
image from kompas travel

Danau Segara Anak adalah salah lokasi wisata di Pulau Lombok yang wajib dikunjungi, khususnya untuk para pencinta wisata alam.

Danau Segara Anak berlokasi di kawah Gunung Rinjani, sampai saat ini masih dipercaya sebagai bagian dari laut yang terpecah di atas suatu pulau. Hal ini disebabkan oleh warna air danau ini yaitu biru, sama persis dengan warna air laut.

Umumnya jika Anda mengambil paket pendakian Gunung Rinjani di biro perjalanan wisata, Anda pun akan dibawa ke tujuan wisata Lombok ini dan menginap di pinggir danau.

Aktivitas utama di Danau Segara Anak adalah memancing, maka dari itu jangan lupa siapkan alat pancing Anda. Untuk bisa mencapai lokasi wisata ini, Anda harus berjalan kaki sekitar 9 jam dari titik akhir jalur yang bisa dilalui kendaraan bermotor. Cukup melelahkan namun tentu tak akan mengecewakan.

  • Pantai Sire

Pantai Sire yang berlokasi di Lombok Utara dengan jarak sekitar 35 km dari kota Mataram. Pantai Sire adalah destinasi wisata di Pulau Lombok yang wajib dikunjungi karena keindahan panorama yang disajikan. Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat Gunung Rinjani dari lokasi pantai ini.

Dengan garis pantai mencapai 4 km, Pantai Sire menawarkan kegiatan wisata yang beragam seperti berenang, bermain kano, snorkeling hingga memancing. Jika Anda tak mempersiapkan peralatan untuk aktivitas tersebut, tak perlu khawatir sebab di Pantai Sire banyak dijumpai penyewaan alat-alat pendukung wisata.

  • Hutan Monyet Pusuk

Hutan Monyet Pusuk termasuk bagian dari kawasan Gunung Rinjani. Tempat wisata di Lombok ini terletak di puncak Gunung Rinjani dan menjadi habitat dari ratusan monyet. Dalam perjalanan di area sekitar Hutan Monyet Pusuk harus berhati-hati dalam berkendara, sebab monyet-monyet ini kerap bermain di tengah jalan.

Umumnya Hutan Monyet Pusuk menjadi lokasi istirahat sekaligus tujuan wisata untuk wisatawan yang tengah menuju Air Terjun Sendang Gile. Jika Anda membawa makanan, monyet-monyet akan berusaha mengambilnya, sebaiknya jangan melawan sebab monyet-monyet ini bisa saja marah.

  • Rumah Adat Suku Sasak Sade
image from grid.id

Sade Village atau Dusun Sade adalah salah satu desa tradisional Sasak (suku asli di Pulau Lombok) yang masih mencoba menjaga keaslian sisa-sisa kebudayaan Sasak lama dari zaman pemerintahan Kerajaan Pejanggik di Praya, Kab. Lombok Tengah hingga sekarang.

Masyarakat yang tinggal di dusun ini adalah suku Sasak dengan sistem sosial dan kehidupan sehari-hari yang masih memegang teguh kebudayaan Sasak tempo dahulu.

Rumah adat suku Sasak yang disebut Bale Tani terbuat dari kayu dengan dinding anyaman bambu serta beratap daun rumbia atau daun alang-alang kering.

Lantai Bale Tani berupa campuran tanah, abu jerami dan getah pohon yang diolesi kotoran kerbau. Bale Tani ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu Bale Luar dan Bale Dalam. Nah itu tadi pembahasan tentang tempat wisata di Lombok yang menarik untuk Anda kunjungi. Semoga bermanfaat.

Jangan ketinggalan tempat-tempat menarik di Banyuwangi untuk berwisata ini

travelspek

travelspek

Leave a Reply

Your email address will not be published.