10 Tempat Wisata di Sukabumi Terbaru 2021

Tempat Wisata di Sukabumi – Siapa yang tak asing lagi dengan daerah Sukabumi di provinsi Jawa Barat? Sukabumi merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat bagian selatan yang menawarkan keindahan alam baik pegunungan maupun laut dan pantainya.

Perpaduan yang sempurna antara daerah pegunungan yang menawarkan udara sejuk dan dingin, serta pantai yang indah memberikan ketenangan berkat deburan ombaknya.

Keindahan alam yang dimilikinya menjadikan banyak sekali tempat wisata di Sukabumi yang menarik minat pengunjung. Apa saja destinasi wisata populer di Sukabumi yang wajib anda kunjungi?

Berikut ini kami rangkum dalam 10 tempat wisata di Sukabumi beserta informasi selengkapnya.

Tempat Wisata di Sukabumi Jawa Barat

Curug cigangsa

objek wisata alam menarik di sukabumi
image from tempatwisata

Curug cigangsa dikenal pula dengan nama Curug luhur. Lokasinya berada di Desa Pasiripis Kecamatan Surade, Sukabumi.

Rute menuju kesana, setelah alun-alun Sukade cukup ikuti jalan ke arah terminal alun-alun hingga ke Bundaran. Setelah itu Anda tinggal mengikuti plang penunjuk arah ke Curug Luhur. Dari jalan kecil menuju pintu masuk Curug ini sekitar 10 sampai 15 menit.

Curug ini menawarkan keindahan alam di mana terdapat air terjun tiga tingkat, yang dapat dinikmati pesonanya dari atas maupun bawah air terjun. Tapi anda harus sedikit berjalan naik untuk menikmati keindahan Curug cigangsa.

Spot foto di Curug ini ini sangat instragramable. Ditambah pula dengan keunikan batuan dari air terjun ini yang berwarna hitam yang cukup jarang ditemukan di tempat lain.

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini seperti yang tersedia di wisata umum kebanyakan seperti area parkir, tempat bersantai, dan sebagainya.

Tiket masuk ke Curug cigangsa ini juga sangat murah yaitu hanya sekitar Rp 3000 saja.

Pantai Amanda Ratu

objek wisata alam pantai amanda ratu di sukabumi
image from kitamuda.id

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya adalah Pantai Amanda Ratu. Pantai Amanda Ratu berlokasi di Desa Purwasedar,  Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Tiket menuju pantai ini terbilang sangat murah yaitu hanya Rp 5000 per orang. Pantai ini berbeda dengan pantai lain pada umumnya.

Pantai Amanda Ratu memiliki kemiripan dengan Tanah Lot di Bali karena batu terumbu karangnya yang besar sehingga cocok untuk dijadikan spot foto anda.

Fasilitas yang terdapat di pantai ini juga lengkap sehingga pengunjung bisa berlama-lama betah di sini. Jam operasional daripada pantai ini yaitu buka setiap hari dan 24 jam.

Untuk anda para pelancong dari luar kota, ada pula penginapan sekitar pantai yaitu salah satunya Amandaratu resort.

Santa sea waterpark

tempat wisata keluarga seru di Sukabumi
image from google maps, Seno Prasetyo Nugroho

Selain objek wisata alam Sukabumi, terdapat pula wisata buatan yang tak kalah menariknya. Salah satunya dalah Santa sea waterpark yang berlokasi di Jalan Lio, Santa, Kelurahan Gedong Panjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

Masuk untuk hari biasa sekitar Rp 40.000 dan untuk weekend Rp 60.000. Sedangkan untuk musim liburan biasanya tiket masuk seharga Rp 70.000.

Santasea waterpark menawarkan berbagai wahana air yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di antaranya adalah amazon river, asian hot spring, racing slide, forest jungle, dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang terdapat di waterpark ini terdiri dari area parkir, toilet bersih, mushola, kamar bilas, tempat makan, dan lain-lain.

anda tidak perlu khawatir karena fasilitas di sini sangat terjaga kebersihan dan kerapiannya.

Curug Sawer

objek wisata alam menarik di sukabumi
image from Instagram @tbachmadmaulana

Destinasi wisata Curug memang tidak pernah salah jika dijadikan tujuan wisata saat anda berlibur ke Sukabumi. Curug sawer yang berlokasi di gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Harga tiket masuk menuju curug ini tanpa melewati jembatan gantung, anda hanya dikenakan biaya sekitar Rp 2.500 saja.

Wahana yang ditawarkan adalah berupa air terjun di tengah hutan tetapi akses menuju ke sana sangatlah mudah dijangkau dan tidak berbahaya. Tetapi anda harus tetap arti apalagi jika musim hujan tiba karena jalanan tentu akan basah dan licin.

Fasilitas menuju air terjun ini antara lain area parkir dan hiking track yang aman untuk pengunjung berjalan-jalan di area curug.

Jam operasional dari Curug sawer ini yaitu dibuka pagi pukul jam 8.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB.

Pantai Cicaladi

image from hondacommunity

Pantai cicaladi terkenal pula dengan nama pantai karang bolong yang berlokasi di desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Untuk menikmati keindahan pantai, pengunjung tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang karena pantai ini masih gratis.

Pantai ini belum terekspos ke dunia luar sehingga masih sangat asri karena belum terlalu banyak pelancong yang datang kemari.

Sehingga para wisatawan didominasi oleh masyarakat sekitar saja. Ini tentu sangat menarik bagi anda yang menginginkan destinasi wisata yang masih alami dan asri serta belum tercemar ataupun terlalu banyak pengunjung.

Karena pantai ini belum terkelola secara resmi, jangan heran jika fasilitas yang terdapat di sana belum selengkap destinasi wisata lain pada umumnya.

Pantai Cicaladi buka 24 jam setiap harinya.

Kampung Ciptagelar

objek wisata budaya di sukabumi
image from tisbandi.com

Destinasi wisata desa adat kampung ciptagelar berlokasi di Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Untuk menuju ke sana ada beberapa pilihan jalur yang bisa dijadikan referensi untuk panduan perjalanan anda. Jalur pertama yaitu dari Pelabuhan Ratu menuju Sukawayana sejauh 28 km. Jalur kedua yaitu dengan melewati Kampung Sirnaresmi dengan jarak 12,6 km. Terakhir, anda bisa memilih jalur Cicadas-Cikadu-Gunung Bongkok di wilayah Kabupaten Lebak.

Tiket masuk ke kampung ciptagelar ini hanya Rp 5.000 per orang.

Daya tarik dari kampung ciptagelar ini adalah anda akan dibawa kembali ke kehidupan masa lalu yang masih kental akan adat istiadat serta kehidupan yang masih sangat tradisional.

Rumah-rumah adat yang masih alami dan tidak terpengaruh perkembangan zaman membuat anda merasa hidup pada zaman dahulu.

Wilayahnya yang berada di dataran tinggi akan membuat pengunjung betah berlama-lama di sini karena udaranya yang masih sejuk dan asri.

Meskipun terbilang desa adat yang masih tradisional, fasilitas yang terdapat di wisata ini sudah cukup lengkap. Tidak perlu khawatir karena listrik sudah tersedia di sini.

Jika anda berkunjung ke kampung ciptagelar pada minggu pertama bulan September, maka anda akan mendapati upacara Seren Taun. Upacara ini merupakan bentuk syukur masyarakat ciptagelar dengan upacara menyerahkan hasil bumi ke lumbung.

Untuk berkunjung ke sana anda bisa menanyakan seputar informasinya ke nomor telepon berikut (0266) 227353.

Bukit karang numpang

image by @allmedash_

Bukit karang numpang merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang menawarkan keindahan alam dengan nuansa perbukitan.

Berlokasi di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat. Untuk sampai di bukit ini anda perlu menempuh perjalanan khususnya di jalur Mangkalaya-Cisaat. Selanjutnya anda akan melewati jalanan bebatuan sepanjang 1 km untuk sampai di puncak bukit.

Tiket masuk ke bukit ini yaitu Rp 3.000 dengan biaya parkir Rp 2.000.

Bukit ini mulai terkenal ketika dijadikan tempat syuting film 5 cm.

Pengunjung akan dimanjakan dengan spot alam lupa keindahan dari karang bebatuan yang menumpang di sabana. Bukit ini juga menawarkan keindahan pemandangan pegunungan hijau mengelilingi dan keindahan lembah yang curam di bawah bukit.

Untuk fasilitas daripada bukit ini sudah mulai dilengkapi karena semakin banyaknya wisatawan yang datang kemari.

Untuk jam operasional buka setiap hari sehingga anda bisa berkunjung ke sana kapan saja.

Tebing Panenjoan

indonesia.tripcanvas.co

Tebing Panenjoan berlokasi di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Objek wisata alam Sukabumi ini berada di salah satu gerbang geopark Ciletuh.

Akses menuju kesana cukup mudah. Jika anda sudah berada di area Desa Tamanjaya, Bukit Panenjoan ini terletak di samping jalan di sisi kanan. Lokasinya tidak jauh dari plang utama Ciletuh Geopark.

Tiket menuju tebing ini gratis, anda hanya perlu membayar retribusi parkir sebesar Rp 3000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Wahana yang ditawarkan di tebing ini adalah anda bisa menikmati pemandangan yang luas dari hamparan sawah dan birunya laut sekaligus. Cuaca terang anda juga bisa melihat air terjun katanya tidak jauh dari tempat anda berdiri.

Tebing setinggi 250 mdpl ini akan memanjakan anda di atas untuk melihat pemandangan sekitar yang sangat menakjubkan. Apalagi jika sore hari anda akan melihat keindahan sunset yang luar biasa.

Fasilitas yang terdapat di tebing ini sudah lumayan lengkap sehingga anda tidak perlu khawatir.

Untuk jam operasional bisa dikunjungi kapan saja.

Taman nasional gunung halimun salak

image from instagram

Taman Nasional gunung halimun salak beralamat di Jl. Raya Cipanas, Malasari, Kec. Kabandungan, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

Harga tiket masuk menuju kawasan hutan lindung ini hanya sekitar Rp 5.000 saja per orang.

Gunung Halimun Salak  memiliki lahan seluas 113.357 hektar yang dipenuhi dengan pohon rindang.

Wahana yang ditawarkan berupa paket outbound, berkemah atau camping, mendaki dan lain sebagainya.

Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap karena memang kawasan hutan halimun ini merupakan kawasan hutan lindung yang resmi sehingga manajemen pengelolaannya sudah tertata dengan baik.

Jam operasional untuk berwisata ke kawasan gunung halimun ini bebas kapan saja.

Bravo Adventure

camping di sukabumi
image from klook.com

Gampling and rafting bravo adventure berlokasi di Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Rute menuju ke lokasi ini sangat gampang, yaitu dari Jalan Raya Bogor ke Sukabumi, di area Parungkuda, ambil jalan ke kanan ke jalan arah menuju Cikidang.

Menawarkan paket camping dan rafting serta permainan lain yang memacu adrenalin, anda cukup membayarnya mulai dari Rp 500.000.

Wahan populer yang ada disini antara lain paket “glamping” atau camping mewah. Tersedia tenda dengan fasilitas di dalamnya berupa tempat tidur mewah dengan segala perlengkapannya seperti penyejuk udara, dan kamar mandi dengan air panas, hingga makan.

Anda akan dimanjakan layaknya di hotel bintang 5 namun dengan suasana alam terbuka

Ada pula paket rafting (arung jeram) dengan menyusuri sungai Citarik yang sudah dikenal tingkat dunia salah satu track arung jeram terbaik.

Untuk info lebih lanjut anda bisa menghubungi pihak pengelola di nomor telepon 0812 8020 8020. Itu tadi beberapa referensi tempat wisata di Sukabumi yang bisa dijadikan list daftar liburanmu. Anda bisa berkunjung bersama keluarga di musim liburan ataupun hanya sekedar bertamasya di akhir pekan.


Semoga informasi-informasi di atas tentang tempat-tempat wisata di Sukabumi ini akan dapat membantu anda merencanakan liburan anda yang berharga bersama keluarga. Terima kasih.


travelspek

travelspek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *